Buku Menu Makanan Tahun 1913 Ditemukan di Liverpool

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 16 Mei 2021 15:00 WIB
buku menu tahun 1913 ditemukan di Liverpool. Foto: CNN Travel
Jakarta -

Temuan artefak kerap menghebohkan. Seperti buku menu makanan tahun 1913 yang ditemukan pada sebuah kafe di Liverpool minggu lalu ini. Seperti apa wujudnya?

Dilansir dari CNN Travel (7/5), sebuah kafe bernama Leaf Cafe yang berlokasi di Bold Street, Liverpool, sedang melakukan renovasi. Saat masa renovasi tersebut, ternyata mereka menemukan artefak yang cukup mengejutkan.

Berupa buku menu makanan dari tahun 1913. Bisa diketahui berasal dari tahun 1913 karena informasinya jelas tertera pada buku menu.

Buku menu itu bertuliskan 'Yamen Cafe and Tea Rooms'. Terdapat juga tulisan terbitnya buku menu itu pada Rabu, 15 Januari 1913.

buku menu tahun 1913 ditemukan di Liverpool.buku menu tahun 1913 ditemukan di Liverpool. Foto: CNN Travel

Baca Juga: Keju, Wine hingga Sup Tulang Ditemukan Dalam Makam Kuno

Artefak ini ditemukan pada sekitar awal bulan Mei 2021. Bersamaan ditemukannya buku menu tahun 1913, ada juga barang-barang lainnya seperti topi pelayan dengan sulaman nama 'Yamen', botol, dan kartu permainan.

Natalie Haywood pemilik dari Leaf Cafe mengaku terkejut ketika menemukan buku menu itu. Karena, menurut informasi dari buku menu dulunya tempat itu menawarkan teh. Sama halnya dengan Leaf Cafe yang saat ini juga menawarkan beragam jenis teh.

buku menu tahun 1913 ditemukan di Liverpool.buku menu tahun 1913 ditemukan di Liverpool. Foto: CNN Travel

Artefak ini ditemukan di sebuah ruangan yang dulunya ditempati sebagai kantor. Kemudian ingin diubah menjadi tempat pertemuan pribadi.

"Berarti menu ini berasal dari 108 tahun yang lalu. Ini ada dalam kondisi yang sulit dipercaya," kata Haywood kepada CNN Travel.

Pada buku menu tahun 1913 tertulis makanan berupa rebusan Irlandia, roti manis dan kacang polong, lobster, spaghetti, teh Rusia, teh India, teh China, hidangan daging sapi muda, dan lainnya.

buku menu tahun 1913 ditemukan di Liverpool.buku menu tahun 1913 ditemukan di Liverpool. Foto: CNN Travel

"Kualitas dan standar makanan yang ditawarkan sebelum Perang Dunia Pertama ini terlihat maju. Pasti dulunya ini menjadi tempat kuliner yang hits di Liverpool," ujar Haywood.

Haywood tak tinggal diam ketika menemukan artefak tersebut. Ia langsung menghubungi sejarawan setempat dan galeri seni untuk memberikan pengetahuan serta bagaimana cara mengatasi temuan buku menu tersebut.

Ia juga mempercayai kalau buku menu, topi pelayan, dan lainnya memang sengaja disimpan dan ditinggalkan seperti itu agar dicari oleh seseorang di masa depan.

Nantinya Haywood juga akan menambahkan 2 menu yang berasal dari tahun 1913 ke kafe miliknya sekarang. Berupa rebusan dari Irlandia dan Welsh Rerebit.

Baca Juga: Arkeolog Temukan Kedai Jajanan Berusia 2.000 Tahun, Menu Apa yang Dijual?



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Renyah Pecel Lele Goreng Tepung"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com