Arkeolog Temukan Kedai Jajanan Berusia 2.000 Tahun, Menu Apa yang Dijual?

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 29 Des 2020 16:30 WIB
Arkeolog Temukan Kedai Jajanan Kaki Lima Berusia 2.000 Tahun Foto: Twitter @pompeii_sites
Jakarta -

Akibat letusan Gunung Vesuvius, sekelompok Arkeolog Italia menemukan kedai jajanan kaki lima berusia 2.000 tahun di Pompeii. Menu apa yang dijual saat itu?

Pompeii adalah sebuah kota yang terkubur karena letusan dahsyat Gunung Vesuvius pada 79 Masehi lalu. Sekelompok Arkeolog Italia kemudian menemukan sebuah bangunan yang luar biasa di kota wilayah provinsi Naples itu.

Dilansir dari Food NDTV (28/12), para arkeolog menemukan bangunan tua yang ternyata merupakan kedai jajanan kaki lima saat itu. Kedai ini menyajikan makanan kaki lima kuno khususnya minuman panas.

Dalam bahasa Latin, kedai minuman panas ini dikenal dengan sebutan termopolium. Kedai makanan ini ditemukan di situs taman arkeologi Regio V yang diresmikan pada Sabtu (26/12), namun belum dibuka untuk umum.

Arkeolog Temukan Kedai Jajanan Kaki Lima Berusia 2.000 TahunArkeolog Temukan Kedai Jajanan Kaki Lima Berusia 2.000 Tahun Foto: Twitter @pompeii_sites

Baca Juga: Para Arkeolog Temukan Roti Tertua di Dunia dari Ribuan Tahun Lalu

Kedai jajanan kaki lima itu ditaksir berusia sekitar 2.000 tahun. Hal itu bisa diketahui lewat dekorasi kedai jajanan yang terlihat kuno.

Bagian dindingnya dihiasi lukisan berwarna cerah, lalu ada beberapa lukisan binatang pada dindingnya seperti ayam dan bebek. Lukisan itu menandakan makanan yang dijual pada kedai jajanan kaki lima tersebut.

Selain hiasan pada dinding, ada juga jejak makanan berusia 2.000 tahun yang ditemukan dalam toples terakota. Arkeolog juga menemukan toples keramik untuk memasak sup dan semur.

Arkeolog Temukan Kedai Jajanan Kaki Lima Berusia 2.000 TahunArkeolog Temukan Kedai Jajanan Kaki Lima Berusia 2.000 Tahun Foto: Twitter @pompeii_sites

Para arkeolog ini juga menemukan mangkuk minuman perunggu yang dikenal sebagai patera. Ada juga termos anggur dan amphora.

"Analisis awal kami menunjukkan bahwa gambar yang ada di bagian depan konter bisa mewakili setidaknya sebagian makanan dan minuman yang dijual di sana," kata Valeria Amoretti, seorang Antropolog.

"Ini penemuan yang luar biasa. Ini pertama kalinya kami menggali seluruh termopolium," ujar Massimo Osana, Direktur Taman Arkeologi Pompeii, Italia.

Arkeolog Temukan Kedai Jajanan Kaki Lima Berusia 2.000 TahunArkeolog Temukan Kedai Jajanan Kaki Lima Berusia 2.000 Tahun Foto: Twitter @pompeii_sites

Tak hanya temuan bangunan dan barang-barang yang tertinggal di sana, Amoretti juga mengatakan ada sisa daging babi, ikan, hingga daging sapi di dalam wadah memasak.

Pompeii sendiri adalah sebuah kota tujuan wisata populer di Italia. Kota ini juga masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca Juga: Temukan Lobster Oranye Langka, Chef Restoran Ini Tak Jadi Memasaknya



Simak Video "Jejak Restoran Cepat Saji Jaman Romawi Kuno Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com