Temukan Lobster Oranye Langka, Chef Restoran Ini Tak Jadi Memasaknya

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Jun 2020 12:30 WIB
lobster langka Foto: istimewa/foxnews
Jakarta -

Sebuah restoran seafood di Amerika Serikat mendadak jadi perbincangan setelah menemukan lobster oranye yang sangat langka. Alhasil, lobster ini tak jadi dimasak jadi hidangan lezat.

Chef dari restoran Lobster dan Clam Bar yang berlokasi di Massachusetts, Amerika Serikat termasuk orang yang sangat beruntung. Ia secara tak sengaja menemukan lobster langka dalam stok lobster yang ada di restoran. Ia bisa saja menjualnya dengan harga selangit, tapi hal ini tidak dilakukan.

Dilansir dari Fox News (13/6) lobster oranye ini diketahui sebagai lobster langka. Keberadaannya hanya ada 1 dari 30 juta lobster, dan salah satunya ditemukan di restoran Lobster dan Clam Bar.

lobster langkalobster langka Foto: istimewa/foxnews


Baca juga : 5 Lobster Unggulan Indonesia yang Terkenal Enak dan Mahal


Owner restoran ini, Arnold membagikan temuan lobster ini lewat media sosial dan langsung menuai perhatian. Banyak orang tertarik melihat lobster langka ini. Alih-alih dijadikan masakan lezat, Arnold justru berencana menyumbangkan lobster langka ini kepada akuarium air laut untuk dijadikan koleksi agar bisa dipamerkan kepada masyarakat.

Warna oranye pada lobster ini terbentuk secara alami yang disebabkan oleh proses mutasi genetik. Cambridge Chronicle melaporkan, lobster seperti ini hanya ada pada sekitar 1 dalam 30 juta lobster.

lobster langkalobster langka Foto: istimewa/foxnews


Secara kebetulan, Arnold juga menjadi berita nasional pada tahun lalu ketika restoran ini menemukan lobster berwarna biru cerah. Lobster yang dijuluki 'Baby Blue' ini juga termasuk lobster langka. Saat itu Arnold juga memilih untuk menyumbangkan lobster ini.

Hanya sekitar 1 dari setiap 2 juta lobster yang memiliki warna biru. Di pasaran, lobster ini dijual dengan harga yang fantastis. Namun meskipun memiliki uang, lobster ini juga tidak mudah ditemui.

Secara alami lobster memiliki warna abu-abu cokelat namun di laut luas, beberapa lobster hadir dengan warna yang cantik. Kebanyakan lobster warna-warni ini masuk dalam kategori lobster langka karena spesiesnya jarang ditemukan. Selain itu, terciptanya warna unik pada lobster juga disebabkan oleh kelainan genetik.

Sejauh ini, beberapa lobster eksotis pernah ditemukan oleh nelayan. Bukan hanya lobster oranye dan biru, ada juga lobster berwarna merah, pink dan warna pelangi.

Baca juga : 5 Lobster dengan Warna Cantik yang Unik dan Langka



Simak Video "Masak Masak: Resep Lobster Panggang Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)