Salut! TikToker Ini Sumbangkan Rp 14 Juta ke Puluhan Penjual Makanan

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 15 Mei 2021 18:00 WIB
TikToker sumbangkan Rp 14 juta ke penjual makanan keliling Foto: TikTok @juixxe
Jakarta -

Seorang kreator di TikTok memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia memberikan tip sebesar Rp 14 juta ke puluhan penjual makanan kaki lima. Begini aksinya!

TikTok tak hanya digunakan untuk menyalurkan hiburan, tapi juga berbagi pengalaman kegiatan sosial. Tak jarang banyak kreator TikTok yang membagikan video berbagi dengan sesama.

Seperti yang dilakukan kreator TikTok bernama Jesus Morales dengan akun TikTok miliknya @juixxe. TikToker dengan 1 juta followers ini kerap membagikan video membantu para penjual makanan kaki lima yang ada di Los Angeles dan San Diego, California, Amerika Serikat.

Dilansir dari Insider (14/5), Jesus Morales tak sendirian dalam membantu penjual makanan kaki lima itu. Karena ia dibantu oleh para followers-nya yang sering memberikan sumbangan.

TikToker sumbangkan Rp 14 juta ke penjual makanan kelilingTikToker sumbangkan Rp 14 juta ke penjual makanan keliling Foto: TikTok @juixxe

Baca Juga: Royal Banget! Pelanggan Restoran Ini Beri Tip Sampai Rp 95 Juta

Ia mengumpulkan donasi sejak Agustus 2020 melalui aplikasi Venmo dan CashApp. Sampai saat ini uang yang berhasil terkumpul sebanyak $96,000 (Rp 1,3 miliar).

Morales membagikannya ke setiap penjual makanan kaki lima sebanyak $1,000 (Rp 14 juta). Bantuan itu telah disalurkan ke puluhan penjual makanan kaki lima. Buktinya selalu ia buatkan video dan diunggah lewat akun TikTok miliknya.

TikToker sumbangkan Rp 14 juta ke penjual makanan kelilingTikToker sumbangkan Rp 14 juta ke penjual makanan keliling Foto: TikTok @juixxe

Ia mengungkapkan alasannya membantu para penjual makanan kaki lima ini karena mereka kebanyakan adalah imigran (pendatang) ilegal atau tanpa izin. Mereka datang ke California untuk tujuan mencari kehidupan yang lebih baik. Morales juga mengatakan kalau ada kemiripan dengan masa lalunya.

"Kebanyakan penjual kaki lima ini adalah pendatang tanpa izin yang datang ke negara ini untuk mencari kehidupan yang lebih baik demi mereka sendiri dan keluarganya," ungkap Morales kepada Insider.

"Melihat susahnya hidup yang dijalani oleh ibu dan bapak saat saya masih kecil memberikan saya inspirasi untuk membantu mereka yang saat ini mungkin mengalami kesulitan seperti yang dilalui oleh ibu dan bapak saya," lanjutnya.

Salah satu aksinya terekam dalam video yang diunggahnya pada 30 April 2021 lalu. Saat itu Morales mengunjungi seorang penjual buah kaki lima berusia 19 tahun.

TikToker sumbangkan Rp 14 juta ke penjual makanan kelilingTikToker sumbangkan Rp 14 juta ke penjual makanan keliling Foto: TikTok @juixxe

Saat menghampirinya Morales mengatakan kalau ia akan memberikannya $1,000 (Rp 14 juta) yang merupakan hadiah dari para pengikutnya di TikTok. Penjual itupun bertanya soal keseriusannya. "Apakah Anda serius?" tanya penjual buah.

Morales pun langsung memberikan amplop berisikan uang tersebut. Penjual buah itu tampak terkejut dan bersyukur dengan pemberian Morales itu.

"Kami tidak mendapat banyak uang di sini. Kadang itu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan membayar uang sewa," cerita penjual buah.

Selain latar belakang kisah hidup orang tuanya yang pernah kesulitan, Morales juga mengaku kalau ada beberapa kreator yang juga memberikan inspirasi untuknya. Mereka adalah TikTokers @LexyLately dan @Get.it.like.v yang juga sering memberikan bantuan.

Baca Juga: Pengunjung Tinggalkan Tip Rp 163 Juta Sebelum Restoran Tutup Imbas Corona



Simak Video "Cari Ramen Enak dan Murah di Jakarta? Di Sini Tempatnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com