Gokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung Berapi

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 15 Mei 2021 15:00 WIB
Gokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung Berapi Foto: AFP/Getty Images
Guatemala -

Bukan pakai oven biasa, pria ini panggang pizza di atas lahar panas. Lahar ini keluar dari gunung berapi aktif di Guatemala.

Gunung berapi yang masih aktif memiliki lahar panas yang berbahaya jika didekati manusia dalam jarak dekat. Tapi tidak dengan pria satu ini, yang justru santai memanggang pizza di atas lahar api yang berada di sana.

Baca Juga: Viral Penjual Bakso Tusuk dan Siomay di Puncak Gunung Cikuray

Dilansir dari Daily Mail (15/05), pengusaha asal Guatemala ini tertarik untuk membuat pizza di atas gunung berapi Pacaya. Gunung berapi ini mengeluarkan lahar panas sejak bulan Februari lalu.

Gokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung BerapiGokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung Berapi Foto: AFP/Getty Images

Bersama beberapa timnya, ia menggunakan pakaian dan alat pengaman untuk melindunginya dari hawa panas. Ia juga membawa logam khusus untuk memanggang pizza, yang bisa menahan suhu panas hingga 1800°F.

Pria bernama David Garcia ini yang bekerja di bidang akuntan, mengatakan bahwa dia mulai memanggang pizza pada tahun 2013 lalu. Ia mulai memiliki ketertarikan pada pizza, ketika membuatnya gua-gua kecil yang ada di lereng gunung.

"Saya memanggang pizza di dalam gua kecil bersuhu panas, yang memiliki suhu sekitar 1400°F. Lalu 14 menit kemudian pizzanya sudah matang," jelasnya.

"Menurut saya rasa pizza yang di panggang dengan panas dari vulkanik ini cukup enak. Makanya menurut saya ini adalah ide yang menarik," tambahnya.

Ketika gunung berapi Pacaya mulai mengalami erupsi dalam beberapa minggu terakhir. Bukannya pergi menjauh, Garcia justru semakin mendekat ke daerah pegunungan yang dilewati lahar panas. Setelah itu ia mulai memasak dan memanggang pizza menggunakan lahar alami.

Gokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung BerapiGokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung Berapi Foto: AFP/Getty Images

Tentunya suhu dan tingkat kematangannya tidak bisa sama persis seperti di oven. Tapi Garcia sudah menguasai trik agar pizzanya tidak terlalu gosong, atau mentah di bagian dalamnya.

Cara memasaknya juga cukup unik. Setelah Garcia selesai membuat adonan pizza, ia menambahkan saus tomat, keju, bawang bombai dan pepperoni di atasnya.

Kemudian adonan pizza ditempatkan logam khusus di atas cairan lahar panas yang mengalir.

Gokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung BerapiGokil! Pria Ini Panggang Pizza di Atas Gunung Berapi Foto: AFP/Getty Images

"Saya perlu memastikan bahwa pizza itu tidak terbawa arus lahar panas," sambungnya.

Menu pizza lahar panasnya ini justru jadi incaran para turis, yang cukup nekat dan ekstrem untuk mendekat ke arah sana. Garcia dengan senang hati memberikan pizza-pizza tersebut kepada turis yang antusias mencobanya.

Baca Juga: Anti Mainstream! 5 Orang Ini Masak Daging dan Telur di Lava Gunung Berapi



Simak Video "Cerita Soto Lamongan Yang Sudah Lezat Dari Tahun 1987"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com