Cara Menghangatkan Opor Ayam dan Rendang Sisa Lebaran Agar Aman Dikonsumsi

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 15 Mei 2021 07:00 WIB
Cara Menghangatkan Opor Ayam dan Rendang Sisa Lebaran Agar Aman Dikonsumsi Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang disajikan saat lebaran biasanya tak langsung habis. Berikut ini ada tips menghangatkan makanan sisa lebaran agar aman dikonsumsi.

Saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran biasanya akan disajikan masakan-masakan khas Lebaran dalam jumlah cukup banyak. Makanan ini akan disuguhkan kepada seluruh anggota keluarga besar juga tamu yang datang berkunjung untuk silaturahmi.

Makanan yang disajikan dalam jumlah banyak ini belum tentu akan habis dalam satu hari. Tak jarang, sisa makanan Lebaran akan masih sangat banyak bahkan cukup untuk dimakan hingga dua hari ke depan.

Agar makanan sisa tidak terbuang percuma, makanan-makanan ini masih bisa disimpan untuk dikonsumsi kembali di hari berikutnya. Tetapi beberapa hal perlu diperhatikan agar makanan yang disimpan tak mudah rusak dan masih layak konsumsi.

Berikut ini cara menghangatkan makanan sisa Lebaran agar aman dikonsumsi, menurut goodfood (14/5):

Cara Menghangatkan Opor Ayam dan Rendang Sisa Lebaran Agar Aman DikonsumsiCara Menghangatkan Opor Ayam dan Rendang Sisa Lebaran Agar Aman Dikonsumsi Foto: iStock

1. Menyimpan Makanan

Untuk menyimpan makanan yang tersisa, siapkan wadah bersih yang dilengkapi dengan penutup yang rapat dan kedap udara. Sebelum dipindahkan ke dalam wadah, pastikan makanan telah benar-benar dingin terlebih dahulu. Misal, jangan menaruh opor ayam atau sayur gurih sesaat setelah dipanaskan. Makanan bersantan ini perlu dipanaskan dulu sebelum disimpan.

Setelah itu bisa disimpan dalam satu wadah yang cukup untuk menampungnya. Tetapi jika makanan yang tersisa masih cukup banyak dan cukup untuk dihangatkan beberapa kali, sebaiknya sisihkan makanan pada beberapa wadah terpisah.

Baca juga: 10 Tips Menghangatkan Makanan Agar Rasanya Tetap Enak

2. Simpan dalam Kulkas

Menyimpan makanan pada suhu ruang terlalu lama akan sangat berbahaya. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang sangat cepat berkembang hingga berkali-kali lipat pada suhu ruang.

Agar makanan tetap awet dan aman untuk dikonsumsi kembali setelah disimpan, sebaiknya simpan makanan dalam kulkas. Jaga suhu kulkas agar tidak lebih dari 5 derajat celcius terutama pada bagian untuk menyimpan sisa makanan.

Saat disimpan dalam kulkas, pastikan agar tutup wadah makan telah benar-benar rapat terlebih dahulu sehingga tidak akan ada kebocoran atau udara yang mudah masuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com