7 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Menghangatkan Makanan dengan Microwave

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Mar 2021 13:00 WIB
microwave tips Foto: Thinkstock/iStock
Jakarta -

Meski terlihat mudah, ternyata masih banyak orang lakukan kesalahan saat menggunakan microwave. Berikut ini ada kesalahan yang paling sering dilakukan menurut chef profesional.

Microwave menjadi alat dapur yang banyak digunakan karena mudah dan praktis. Microwave dinilai sebagai alat yang dapat membantu meringankan pekerjaan di dapur.

Microwave berperan penting untuk menghangatkan makanan. Tidak perlu repot-repot menyalakan kompor dan mengambil wajan, microwave bisa menghangatkan makanan hanya dengan menekan tombolnya.

Sayangnya, banyak orang masih menggunakan microwave dengan salah. Beberapa hal ini ternyata harus diperhatikan saat menggunakan microwave.

Berikut ini 7 kesalahan yang paling sering dilakukan saat menggunakan microwave menurut Insider (23/2):

1. Memanaskan Sekaligus

7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave, Simak Yuk!kesalahan pakai microwave Foto: Getty Images/iStockphoto

Amy Riolo, seorang chef ternama, mengatakan bahwa memasukkan semua makanan menjadi satu ke dalam microwave adalah suatu kesalahan besar yang sering dilakukan. Riolo menyarankan untuk memisahkan bahan makanan berdasarkan jenis dan teksturnya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke microwave.

"Menyiapkan sebuah piring dengan bahan makanan yang berbeda dan memasukkannya ke dalam microwave sekaligus akan membuat beberapa bahan terlalu matang dan bahan lainya kurang matang," kata Riolo.

2. Memanaskan Air dalam Gelas

Menurut Jim Mumford, beberapa orang kerap memanaskan segelas air dalam microwave. Ia mengatakan bahwa hal seperti ini dapat menyebabkan luka bakar yang serius.

Air memiliki titik didih pada 100 derajat Celcius. Sedangkan, kaca pada permukaan gelas tidak memiliki tempat untuk gelembung-gelembung mendidih terbentuk sehingga air dan gelas akan menjadi terlalu panas.

Baca Juga: 7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave, Simak Yuk!

3. Hindari Memanaskan Makanan dalam Styrofoam

Styrofoam menjadi wadah yang paling banyak digunakan untuk menyimpan atau mengemas makanan. Tetapi bahan ini tidak boleh digunakan untuk menghangatkan makanan di dalam microwave.

Styrofoam memiliki molekul plastik yang mungkin akan masuk ke dalam makanan jika terkena panas. BPOM Amerika (FDA) juga telah mengingatkan untuk tidak menggunakan cangkir, mangkuk, piring atau wadah lain yang terbuat dari bahan serupa.

Saksikan juga 'Bikin Laper: Segarnya Budae Jjigae di Kemang yang Nagih Banget':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com