Fotocopy KK Jadi Bungkus Makanan, Netizen: Bismillah Panen Pinjol!

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 13 Mei 2021 14:00 WIB
Bungkus Makanan Ini Dibuat dari Salinan Data Penting, Netizen: Bismillah Panen Pinjol! Foto: Twitter/fauziaufi
Jakarta -

Penjual makanan seperti tukang gorengan atau nasi bungkus seringkali menggunakan kertas bekas untuk membungkus makanan. Bahkan beberapa penjual memakai salinan data penting.

Makanan yang dibungkus dengan kertas bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Misalnya nasi uduk, nasi padang, nasi kucing atau bahkan bungkus gorengan yang dijual di gerobak pinggir jalan.

Biasanya kertas-kertas yang digunakan ini berasal dari kertas fotocopy atau salinan yang menumpuk. Kertas-kertas yang tak terpakai itu akan disalurkan kepada pedagang-pedagang yang membutuhkan kertas untuk membungkus makanannya.

Uniknya, kertas tersebut biasanya tak disortir lagi. Bahkan beberapa kertas bisa jadi merupakan fotocopy atau salinan data penting yang seharusnya sangat rahasia.

Seperti sebuah cuitan pada akun Twitter @faizaufi (9/5), yang menunjukkan sebuah angkringan yang menjajakan nasi kucing dengan bungkus berupa salinan kartu keluarga. Sang pemilik akun bahkan menyangkut pautkan penggunaan salinan kartu keluarga ini menjadi cara pembobolan data pribadi penduduk.

"Luar negeri: bobol data pribadi penduduk dengan cara hack website database dan lain-lain. Indonesia: beli nasi kucing," tulis @faizaufi.

Cuitan ini kemudian disambut baik oleh banyak pengguna Twitter lainnya. Bahkan hingga diretweet sebanyak lebih dari 17 ribu kali dan disukai lebih dari 56 ribu pengguna Twitter.

Pada kolom balasan, netizen juga ramai memperbincangkan salinan data penting yang digunakan sebagai bungkus makanan ini. Beberapa diantaranya juga membagikan pengalamannya menemukan salinan data penting sebagai bungkus makanan juga.

Baca juga: Kocak! 5 Tulisan di Kertas Bungkus Makanan Ini Bikin Nafsu Makan Hilang

Bungkus Makanan Ini Dibuat dari Salinan Data Penting, Netizen: Bismillah Panen Pinjol!Bungkus Makanan Ini Dibuat dari Salinan Data Penting, Netizen: Bismillah Panen Pinjol! Foto: Twitter/navier_moon

Akun Twitter yang bernama Celena juga ikut membagikan pengalamannya menemukan salinan data penting yang dijadikan bungkus makanan. Ia juga mengatakan bahwa pengalaman yang terjadi benar-benar mirip.

"Same energy. (Kejadian serupa)," tulis akun Twitter@navier_moon

Celena menunjukkan sebuah foto nasi bungkus yang dikemas dalam salinan kartu keluarga. Bahkan dengan jelas, semua data penting seperti nama, nomor kependudukan lengkap, alamat, tempat tanggal lahir dan sebagainya masih tercantum dengan jelas.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com