Ketupat Lebaran Komplet

5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Mei 2021 12:00 WIB
5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan Foto: Cookpad
Jakarta -

Ketupat yang umum dikenal berisi beras dan dibungkus daun janur, namun ada juga ketupat daerah yang unik. Ada yang ditambahkan santan hingga dibungkus daun pandan yang berukuran lebar.

Ketupat selalu dicari saat hari raya Idul Fitri. Ketupat yang biasanya dimakan adalah yang bentuknya wajik, berisi beras, dan dibungkus daun janur. Namun ternyata di beberapa daerah Indonesia, ada jenis ketupat unik yang menarik untuk dicoba.

Salah satunya ketupat katan Kapau dari Sumatera Barat yang berisi beras ketan, bukan beras biasa. Ketupat ini juga dimasak bersama santan berbumbu sehingga rasanya gurih enak.

Lalu ada juga ketupat yang bentuknya segitiga, ketupat palas. Jenis ketupat unik ini banyak ditemui di Medan dan juga populer di Malaysia. Biasanya ketupat palas dimakan dengan rendang.

Indonesia juga punya ketupat unik berwarna merah kecokelatan yang bernama ketupat landan. Hingga ketupat daun pandan dimana pembungkusnya adalah daun pandan berukuran lebar.

detikfood merangkum 5 jenis ketupat unik di Indonesia seperti berikut:

1. Ketupat pulut

5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan Foto: detikfood

Jenis ketupat ini berasal dari Sumatera Barat. Namanya ketupat pulut atau ketupat sipulut. Jika biasanya ketupat dibuat dari beras, maka berbeda dengan ketupat pulut yang bahan utamanya beras ketan (pulut).

Beras ketan yang dipilih harus yang benar-benar berkualitas bagus. Bulirnya panjang dan utuh dengan warna putih susu. Biasanya beras ketan direndam dalam air dingin selama 1 jam sebelum diolah supaya lebih pulen.

Ketupat pulut lalu direbus dengan santan kental. Hasilnya rasanya lebih gurih dengan butiran areh di permukaan ketupat. Biasanya ketupat pulut dinikmati bersama gulai kambing, kalio, atau asam padeh.

Baca Juga: Cara Membuat Ketupat Pulut Pelengkap Gulai Kambing

2. Ketupat katan Kapau

Masih dari Sumatera Barat, ada jenis ketupat yang juga populer. Bernama ketupat katan kapau yang berasal dari daerah Kapau. Ketupat ini berukuran lebih kecil dari ketupat biasa.

Ketupat katan Kapau juga dimasak dalam santan berbumbu dengan memakai beras ketan sebagai bahan utamanya. Nantinya santan ini akan meresap ke dalam ketupat hingga rasanya gurih enak. Orang-orang menyebut ketupat katan kapau sebagai versi rebus dari lemang.

Ketupat katan kapau bisa dimakan sebagai dessert atau dengan lauk pedas. Jodoh populernya adalah gulai itiak lado mudo (cabai hijau) dan rendang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com