Lembut Gurih Ketupat Palas

- detikFood Rabu, 31 Agu 2011 07:53 WIB
Jakarta - Ketupat dari negeri tetangga ini aromanya sangat harum. Rasanya pulen gurih berbentuk segitiga yang cantik. Enak dimakan dengan rendang atau sirop gula merah. Kalau mau dimakan begitu saja juga pulen gurih.

Hari lebaran identik dengan ketupat. Jika kita mengenal ketupat nasi dengan bentuk limas yang unik maka dari negeri jiran dikenal ketupat lapas. Ketupat ini berasal dari Malaysia Utara (Kedah, Penang, Perlis).

Sesuai dengan namanya ketupat ini dibuat dari pulut atau beras ketan dan bukan dari beras. Selain itu bentuk ketupat ini juga unik, berbentuk segitiga. Jika ketupat biasanya dibuat dari daun kelapa muda tau janur maka ketupat ini terbuat dari daun lontar.

Daun lontar muda yang lebar, dibentangkan dan dipakai sebagai pembungkus. Beras ketan diaduk dengan santan dan garam dan ditanak setengah masak. Kemudian daun lontar yang dilebarkan dibentuk corong segitiga dan diisi beras ketan. Dilipat bentuk segi tiga dan disemat di salah satu ujungnya dan diikat.

Ketupat ini kemudian direbus atau dikukus hingga matang. Jika mengisinya padat dan besar orang Malaysia menyebutnya sebagai ketupat jantan, sebaliknya jika tidak terlalu padat dan mungil disebut sebagai ketupat betina.

Lazimnya ketupat yang beraroma wangi karena daun lontar yang dipakai sebagao pembungkus ini dimakan dengan lauk rendang ayam atau daging. Namun, bolah juga dimakan dengan sirop gula merah yang legit.

Karena memakai santan, tanpa lauk apapun ketupat ini sudah gurih, pulen dan enak. Seperti di Indonesia, ketupat ini jadi suguhan istimewa di hari lebaran. Atau dijadikan hantaran untuk kerabat dan tetangga.

(Odi/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com