Ketupat Lebaran Komplet

5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Mei 2021 12:00 WIB
5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan Foto: Cookpad

3. Ketupat palas

5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan5 Jenis Ketupat di Indonesia, Ada Ketupat Landan hingga Ketupat Daun Pandan Foto: Vialentino

Jenis ketupat ini populer di Medan dan banyak ditemukan di Malaysia. Ketupat palas berbeda dari ketupat pada umumnya karena berbentuk segitiga. Keunikan lainnya, ketupat palas tidak dibungkus daun janur, tetapi daun lontar.

Untuk isiannya, ketupat palas memakai beras ketan yang sudah diaduk dengan santan dan garam lalu ditanak setengah matang. Kemudian isian ini dibungkus daun lontar yang dilebarkan dan dilipat bentuk segitiga.

Ketupat palas bisa direbus atau dikukus untuk mematangkannya. Lauk populer untuk pendamping ketupat palas adalah rendang ayam atau daging. Bisa juga dimakan dengan sirup gula merah yang manis legit.

Baca Juga: Lembut Gurih Ketupat Palas

4. Ketupat landan

Ketupat ini bukan berwarna kehijauan, melainkan merah. Namanya ketupat landhan atau ketupat landan yang kulit maupun isiannya berwarna merah kecokelatan.

Ketupat landan juga memiliki rasa gurih dan aroma yang khas karena direbus menggunakan air campur abu. Abu yang dipakai merupakan hasil pembakaran sabut dan pelepah kelapa.

Ketupat landan merupakan ketupat khas Banyumas. Biasanya direbus sekitar 5 jam menggunakan kayu bakar. Ketupat landan umumnya dimakan bersama pelas, parutan kelapa yang dibumbui termasuk dengan daun kemangi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com