4 Fakta Menarik Sayur Besan Betawi yang Kini Mulai Langka

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Mei 2021 07:00 WIB
4 Fakta Menarik Sayur Besan Betawi yang Kini Mulai Langka Foto: iStock/Instagram @aksarapangan
Jakarta -

Betawi memiliki hidangan khas yang berkaitan dengan hari lebaran. Hidangannya dikenal bernama sayur besan yang kini mulai langka.

Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan khas yang biasa disajikan untuk perayaan lebaran. Begitu pun dengan Betawi yang punya kuliner berupa sayur besan. Sesuai dengan namanya, sayur besan memang disajikan untuk keluarga besan pengantin.

Sayur besar juga erat kaitannya dengan hari lebaran karena biasanya, sebelum atau setelah lebaran banyak orang yang melangsungkan pernikahan. Saat itulah sayur besan disajikan.

Sayur besan memiliki keunikan pada bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, kuliner khas Betawi tersebut juga sarat akan makna. Namun, semakin berkembangnya zaman, sayur besan mulai langka.

Berikut 4 fakta menarik tentang sayur besan khas Betawi:

1. Sejarah Sayur Besan

4 Fakta Menarik Sayur Besan Betawi yang Kini Mulai Langka4 Fakta Menarik Sayur Besan Betawi yang Kini Mulai Langka Foto: iStock/Instagram @aksarapangan

Sayur besan merupakan hidangan berkuah santan yang diisi dengan terubuk. Dilansir dari About Tangerang munculnya sayur besan tidak terlepas dari keberadaan kebun tebu yang banyak ditemui di Batavia dan Tangerang pada abad ke-17.

Sesuai dengan namanya, hidangan khas Betawi ini memang disuguhkan untuk besan. Mengutip dari Aksara Pangan (07/05) sayur besan dimasak dan dihidangkan oleh keluarga perempuan ketika keluarga laki-laki datang ke rumah setelah acara pernikahan.

Bukan hanya besan dan keluarga yang dapat menikmati hidangan yang satu ini, tetapi juga dibagikan kepada para tamu yang hadir. Dulu, membuat sayur besan adalah tradisi masyarakat Betawi Pinggir yang tinggal di area Jakarta Selatan hingga Parung.

Sementara masyarakat Betawi Tengah lebih mengenal hidangan yang disebut laksa pengantin. Meski penamaannya hampir sama, tetapi antara laksa pengantin dan sayur besan sangat berbeda.

Baca Juga : Terubuk, Lezatnya si Bunga Tebu

2. Keunikan Sayur Besan

4 Fakta Menarik Sayur Besan Betawi yang Kini Mulai Langka4 Fakta Menarik Sayur Besan Betawi yang Kini Mulai Langka Foto: iStock/Instagram @aksarapangan

Satu keunikan yang ada pada hidangan sayur besan, yakni penggunaan terubuk. Terubuk atau nama latinnya Saccharum edule, adalah jenis sayuran yang mirip dengan tebu.

Ketika dikupas, di dalamnya terdapat ekor yang berwarna kuning, seperti sekumpulan telur ikan. Karenanya terubuk disebut juga tebu telur ikan. Nah, 'telur' itulah yang terakhir dimasukkan ke dalam panci rebusan sayur besan.

Terubuk juga sering disebut dengan sebutan bunga tebu yang berasal dari pohon tebu yang kerdil. Terubuk biasanya berukuran diameter antara 15-20 milimeter. Sebelum dikupas, terubuk berbentuk seperti serai.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com