Begini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan Islam

Diah Afrilian - detikFood Senin, 10 Mei 2021 03:00 WIB
Begini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan Islam Foto: iStock
Jakarta -

Sahur menjadi waktu yang penting dan memiliki keutamaan saat bulan puasa. Ternyata begini cara makan sahur yang benar sesuai ajaran Islam.

Bukan hanya sekadar waktu makan, menurut para ulama sahur juga menjadi waktu yang memiliki keistimewaan saat bulan ramadhan. Hanya dengan makan sahur bahkan menurut hadits akan memberikan keberkahan bagi orang-orang yang makan sahur.

"Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan," (HR. Bukhari No.1923 dan Muslim No.1095)

Menurut Ustadz Adi Hidayat, sahur sendiri berasal dari kata sahar atau ashar yang berarti menunjukkan waktu singkat menuju fajar. Waktu ini berada antara tengah malam dengan fajar, kira-kira 15-30 menit sebelum fajar.

"Kalau Anda ingin sahur, jangan terlalu malam. Makanlah sahur ketika mendekati fajar. Misalnya jika fajar pada jam 4.35 pagi, makanlah sahur pada 4.00 pagi," kata Ustadz Adi Hidayat.

Begini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan IslamBegini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan Islam Foto: iStock

Rasulullah SAW juga menekankan bahwa makan sahur di waktu mendekati fajar justru memberikan banyak kebaikan dibandingkan makan sahur saat malam hari. Mulai dari keberkahan hingga manfaat kesehatan.

Makan sahur yang berdekatan dengan waktu fajar juga dikatakan dapat menimbulkan energi positif untuk tubuh menjalani puasa. Tubuh akan berpuasa dalam waktu yang tidak terlalu panjang jika mengerjakan makan sahur saat mendekati fajar.

Sedangkan, waktu fajar dan imsak ini memiliki makna yang berbeda. Imsak berasal dari kata shiyam dan shaum, yang berarti menahan atau puasa. Artinya, imsak atau shaum ini merupakan waktu dimana harus mulai menahan makan dan minum atau mulai berpuasa ketika tanda-tanda subuh tiba.

"Silahkan makan dan minum sebanyaknya, sampai terbitlah kemudian tanda-tanda fajar tiba," QS. Al-Baqarah Ayat 187.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sahur dalam Islam, Tak Sekadar Mengisi Perut!

Sedangkan, hukum tentang makan sahur yang bertepatan dengan adzan subuh memiliki dua pendapat ulama yang berbeda. Ulama pertama berpendapat bahwa makanan yang sudah ada di tangan atau di dalam mulut masih boleh diteruskan untuk ditelan.

"Jika seorang di antara kalian mendengar suara adzan, sedangkan makanan itu masih di tangannya dan sebagian di mulutnya, maka jangan buang makanan yang ada di tangan hingga ia menelannya," HR. AbuDaud.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com