Begini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan Islam

Diah Afrilian - detikFood Senin, 10 Mei 2021 03:00 WIB
Begini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan Islam Foto: iStock

Sedangkan, pendapat yang kedua mengatakan bahwa ketika adzan berkumandang kegiatan makan sahur harus segera dihentikan. Bahkan makanan yang ada di dalam mulut harus dikeluarkan dan tidak boleh ada kegiatan makan dan minum lagi.

"Maka saat bilal sedang menunaikan adzan menjelang ke fajar, teruskan makan dan minum hingga nanti adzan kedua fajar," HR. Al Bukhori.

Begini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan IslamBegini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan Islam Foto: iStock

Pada zaman Nabi, adzan subuh dikumandangkan sebanyak dua kali. Adzan yang dikumandangkan oleh bilal bertujuan untuk menandakan sebelum waktu subuh dan mengingatkan orang yang sedang makan sahur untuk segera menghabiskan makanannya. Kemudian, adzan yang kedua menandakan waktu subuh atau fajar.

Hukum selanjutnya tentang sahur juga ada yang mengatur tentang apa yang dimakan dan diminum. Beberapa orang memilih untuk hanya minum air putih saat sahur. Ternyata ini diperbolehkan.

Rasulullah SAW juga mengajarkan bahwa anjuran makan sahur harus tetap dilakukan walaupun hanya dengan segelas air putih. Tetapi para ulama menganjurkan untuk tidak hanya sekadar minum air putih, melainkan minumlah minuman yang dapat membantu daya tahan tubuh untuk sahur.

Begini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan IslamBegini Cara Makan Sahur yang Benar dan Dianjurkan Islam Foto: iStock

Salah satunya teh manis. Konsumsi teh manis saat sahur akan membantu meningkatkan glukosa dalam tubuh sehingga dapat membentuk energi saat berpuasa nanti. Memilih minuman yang juga dapat membantu tubuh memproduksi energi akan membuat tubuh lebih nyaman saat berpuasa.

Makan sahur ini menjadi sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sunnah yang dianjurkan ini akan memberikan pahala bagi yang mengerjakan tetapi tidak menimbulkan dosa jika tidak dikerjakan.

Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa sahur mengandung sangat banyak keberkahan. Sahur dapat memberikan keberkahan dalam dua pengertian.

Pertama, waktu mengerjakan sahur yang tidak terlalu awal sehingga nantinya dapat memperkuat diri saat menunaikan ibadah puasa. Kedua, sahur menjadi waktu yang terbaik untuk berdoa dan menjadi waktu yang paling diberkahi di antara waktu-waktu lainnya.

Baca juga: 5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com