Ketupat Lebaran Komplet

Cara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk Lebaran

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 09 Mei 2021 11:30 WIB
Cara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk Lebaran Foto: iStock
Jakarta -

Membuat ketupat untuk lebaran biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Berikut ini cara membuat ketupat rice cooker yang praktis.

Ketupat merupakan olahan dari beras sejenis dengan nasi yang identik dengan perayaan lebaran. Biasanya membuat ketupat membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan hingga berjam-jam.

Banyak orang yang akhirnya cenderung akan memilih untuk membeli ketupat yang sudah jadi dibandingkan harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membuat ketupat. Tetapi sebenarnya ada cara yang mudah dan praktis untuk membuat ketupat sebagai sajian lebaran di rumah.

Tak hanya dengan cara merebus ketupat dalam waktu yang lama, ketupat juga bisa dibuat hanya dengan menggunakan rice cooker. Membuat ketupat dengan rice cooker bahkan sangat mudah dan praktis tanpa perlu menggunakan daun ketupat.

Berikut ini cara membuat ketupat dengan rice cooker yang bisa kamu tiru di rumah:

Cara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk LebaranCara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk Lebaran Foto: iStock

1. Menyiapkan beras

Untuk membuat ketupat yang baik, gunakan beras pulen yang berwarna putih bersih. Pilih beras yang pulen seperti jenis beras rojolele, pandan wangi atau mentik spesial.

Cuci beras dengan air mengalir hingga bersih. Cara mencuci beras yang dilakukan sama dengan cara mencuci beras untuk memasak nasi.

Baca juga: Resep Nasi: Ketupat Praktis 30 Menit

2. Memasak beras

Setelah beras dicuci bersih, masukkan beras ke dalam rice cooker. Tak perlu repot memasak beras pada tahap ini sama seperti memasak beras untuk membuat nasi.

Gunakan air dengan perbandingan 2:1 dengan beras. Maksudnya, jumlah banyaknya air harus dua kali lipat dibandingkan banyaknya beras. Misalnya untuk membuat ketupat dengan rice cooker yang menggunakan beras sebanyak 300 gram, maka gunakan air sebanyak 600 gram.

3. Tambahan bumbu dan aroma

Cara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk LebaranCara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk Lebaran Foto: iStock

Untuk ketupat yang lebih wangi dan sedap kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan saat memasak ketupat dengan rice cooker. Mulai dari garam, kaldu bubuk, serai dan daun pandan bisa ditambahkan jika ingin hasil ketupat yang lebih wangi dan gurih.

Sedikit garam dan kaldu bubuk dapat memberikan rasa asin dan gurih sehingga rasa ketupat tidak terlalu hambar. Selain itu menambahkan serai yang sudah digeprek serta dua lembar daun pandan yang diikat saat memasak beras akan membuat hasil ketupat menjadi lebih wangi aromanya.

4. Memasak beras

Jika beras dan bahan tambahan yang diinginkan sudah dimasukkan, langkah berikutnya adalah memasak beras menjadi nasi yang pulen. Sama seperti memasak nasi biasanya, kamu hanya perlu menutup rice cooker dan menyalakan tombolnya menjadi mode cooking.

Tunggu hingga nasi matang dengan sendiri yang ditandai dengan tombol cooking berubah menjadi warm. Setelah nasi matang, jangan terburu-buru untuk langsung membuka rice cooker. Biarkan beberapa saat hingga uap keluar semua.

5. Mencetak ketupat

Cara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk LebaranCara Membuat Ketupat Rice Cooker Praktis untuk Lebaran Foto: iStock

Jika nasi sudah matang dan tidak ada lagi uap yang keluar dari rice cooker, tutup rice cooker sudah bisa dibuka. Aduk nasi yang baru matang agar bagian-bagian yang menempel di sisi dan di bawah tidak menjadi kering.

Pindahkan nasi ke dalam loyang datar yang sebelumnya dilapisi dengan daun pisang atau plastik cling wrap. Olesi sedikit minyak agar ketupat mudah dilepaskan. Tekan-tekan nasi hingga benar-benar padat dan biarkan hingga dingin.

6. Menyajikan ketupat

Jika ketupat yang dicetak sudah sangat padat dan dingin, kamu bisa mengeluarkannya dari cetakan. Keluarkan secara perlahan agar ketupat tak hancur bentuknya.

Potong-potong ketupat berbentuk kotak-kotak dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan selera. Sajikan ketupat dengan lauk lebaran dan taburan bawang goreng agar lebih nikmat.

Baca juga: Kalau Mau, Bikin Ketupat Sendiri Juga Bisa 30 Menit Matang, Ini Caranya!



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com