Ternyata Chef Paling Kesal Kalau Harus Masak 5 Hidangan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 08 Mei 2021 07:00 WIB
Calamari Ring Foto: iStock
Jakarta -

Chef berpengalaman mengolah banyak hidangan, namun mereka mengungkap ada hidangan yang paling bikin kesal saat membuatnya. Apa saja hidangan tersebut?

Tugas utama seorang chef adalah membuatkan hidangan enak untuk tamu dan pelanggan. Idealnya seorang chef bisa memasak berbagai hidangan demi memuaskan selera banyak lidah.

Namun dalam membuatkan hidangan untuk para tamu, sebenarnya chef punya keluh kesah. Ada beberapa hidangan yang ternyata membuat mereka kesal saat harus membuatnya.

Hal ini lantaran hidangan itu sulit dibuat atau merepotkan. Pendapat ini disampaikan para chef lewat situs Reddit.

BuzzFeed (7/5) merangkum 5 hidangan yang bikin chef kesal saat membuatnya:

1. Telur

Cara Memasak Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Diganti dengan Air!Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina

Siapa sangka telur menjadi hidangan yang bikin chef kesal saat harus membuatnya? Seorang chef mengatakan hidangan yang paling sederhana sebenarnya yang paling menyebalkan.

"Saya selalu kesal saat harus bekerja di waktu sarapan, orang-orang sangat detail soal permintaan telur mereka, belum lagi kuning telur sangat mudah pecah," kata seorang chef.

2. Calamari

Calamari alias cumi goreng tepung adalah hidangan seafood populer, tapi dalam proses pembuatannya ternyata merepotkan chef. Mereka butuh waktu lama untuk membersihkan cumi.

Seorang chef berujar, "Jika Anda bekerja di restoran, membersihkan cumi dan menyiapkannya untuk dimasak, Anda pasti tahu. Cumi datang dengan semua kotoran di dalamnya, dan baunya sangat tidak enak saat basi dan mentah."

3. Steak well-done

Ilustrasi steakFoto: Getty Images/ansonmiao

Seorang chef curhat di Reddit. Ia mengatakan banyak orang memesan steak matang sempurna alias well-done, namun berakhir mengembalikan ke dapur. Mereka protes dagingnya terlalu keras, bahkan mirip karet.

Padahal menurut chef, steak memang tidak seharusnya dimasak sangat matang. Jika dalam tingkat kematangan well-done, steak apalagi yang filet, pasti akan keras. Kalaupun mau meminta steak well-done, pelanggan sebaiknya terima saja jika steak disajikan dalam potongan tipis-tipis. Ini merupakan trik dari chef agar steak tersebut tidak keras.

4. Cinnamon bun

Cinnamon bun atau cinnamon roll adalah pastry yang punya banyak penggemar. Aromanya harum enak, teksturnya empuk, dan memiliki rasa khas kayu manis yang nikmat. Tapi siapa sangka kalau cinnamon bun membuat baker kesal saat harus membuatnya?

Seorang baker bilang butuh waktu 3 hari untuk membuat adonan cinnamon bun yang ideal. Ini termasuk proses proofing dan pemanggangan. Jadi, ketika seseorang mendapatkan cinnamon bun hangat-hangat, harusnya mereka membayar lebih dari harga yang tertera karena menurut baker itu, prosesnya sangat rumit.

5. Crepes

crepesFoto: Delish

Satu lagi makanan manis yang membuat chef kesal saat harus membuatnya. "Membuat crepes... Saya bicara soal menaruh adonan di wajan, menaruhnya dalam jumlah banyak, seperti dalam acara yang besar dimana Anda harus berjam-jam menuang adonan dan membaliknya," kata seorang chef.

Menurutnya kegiatan ini sangat memakan waktu dan membosankan. Crepes pun masuk dalam daftar makanan yang bikin chef kesal saat harus membuatnya.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com