Benarkah Burger Nabati Lebih Sehat Dibanding Burger Daging? Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 13:30 WIB
Benarkah Burger Nabati Lebih Sehat Dibanding Burger Daging? Ini Kata Ahli Foto: iStock
Jakarta -

Peminat makanan sehat kian meningkat. Salah satu menu populernya, burger nabati yang merupakan alternatif burger berbahan daging. Benarkah menu ini lebih sehat?

Makanan sehat menjadi hal yang banyak dicari belakangan ini. Keinginan untuk dapat mengonsumsi makanan yang lebih baik dari segi nutrisi, semakin meningkat seiring dengan makin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Jika dahulu hanya pelaku vegetarian yang dikenal sebagai konsumen makanan nabati, saat ini sudah banyak perkembangan pola diet konsumen bahan makanan nabati. Selain vegetarian, pelaku vegan juga dikenal sebagai konsumen nabati bahkan yang lebih esktrem dari vegetarian. Pelaku vegan akan sama sekali menjauhi makanan hewani bahkan hingga produk-produk olahan atau proses pengolahan makanan yang berkaitan dengan hewan.

Saat ini bahkan juga populer tren makanan plant-based atau nabati. Tak hanya kaum vegetarian dan vegan, banyak orang yang mulai condong untuk mengurangi konsumsi makanan hewani dan beralih pada makanan nabati.

Benarkah Burger Nabati Lebih Sehat Dibanding Burger Daging? Ini Kata AhliBenarkah Burger Nabati Lebih Sehat Dibanding Burger Daging? Ini Kata Ahli Foto: iStock

Dilansir melalui Smart Brief (24/3), salah satu makanan yang menggunakan bahan alternatif nabati yang tengah berkembang pesat adalah burger. Tren burger plant-based atau burger nabati ini bahkan diketahui menjadi menu yang paling berkembang selama empat tahun terakhir.

Perkembangan dan peningkatan burger nabati ini juga diakibatkan oleh permintaan pasar yang terus menaik sehingga banyak produsen-produsen makanan yang bersaing untuk memenuhi keinginan pasar. Namun tren burger nabati ini tidak serta merta menghilangkan konsumen burger hewani. Hanya saja, sebagian dari mereka banyak yang penasaran atau bahkan menjadi lebih gemar untuk mengonsumsi burger nabati.

Jika melihat dari sisi nutrisi, burger nabati secara jelas diakui oleh para ahli menjadi makanan yang lebih sehat. Penelitian yang dilakukan pada burger nabati juga menunjukkan adanya hubungan negatif antara burger dengan lemak jenuh dan kesehatan jantung.

Baca juga: Plant Based Diet Diprediksi Bakal Booming di Kalangan Milenial

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Makanan dari Kandungan Kedelai Ini Berisiko untuk Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com