Acara Lisa 'BLACKPINK' Dihentikan Karena Buang-buang Makanan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 11:00 WIB
Acara Lisa BLACKPINK Dihentikan Karena Buang-buang Makanan Foto: Site News/Shop
Jakarta -

Ketatnya peraturan limbah makanan di China, membuat acara populer yang dibintangi Lisa 'BLACKPINK' dihentikan sementara waktu. Setelah kontroversi buang-buang makanan.

Semenjak pemerintah China bergerak aktif memerangi limbah makanan. Banyak peraturan ketat yang mengatur tentang konsumsi makanan.

Baca Juga: China Tutup 13,600 Akun Mukbang yang Buang-buang Makanan

Mulai dari pembatasan video mukbang atau makan dalam porsi besar di internet. Pemesanan makanan yang berlebihan, sampai denda untuk restoran yang membiarkan pembeli membuang makanan.

Dilansir dari Globaltimes (06/05), peraturan ini juga berimbas pada acara kompetisi idola populer di China yaitu 'Youth With You' yang sudah memasuki musim ketiga.

Acara Lisa 'BLACKPINK' Dihentikan Karena Buang-buang MakananAcara Lisa 'BLACKPINK' Dihentikan Karena Buang-buang Makanan Foto: Site News/Shop

Acara ini sangat digemari di China, apalagi salah satu jurinya adalah Lisa 'BLACKPINK'.

Mirip seperti kompetisi lainnya, para penggemar harus rajin memilih kontestan favorit mereka agar memenangkan juara pertama. Namun yang menjadi masalah, kompetisi ini bekerja sama dengan brand yogurt dan susu bernama Mengniu.

Agar para penonton bisa memberikan voting untuk kontestan. Mereka harus membeli produk susu atau yogurt dari Mengniu.

Di setiap kemasan susu dan yogurt terdapat QR Code, yang bisa discan untuk memberikan vote kepada kontestan yang dipilih.

Tentunya hal ini mendorong orang-orang, terutama para penggemar acara tersebut yang masih remaja untuk membeli produk susu dan yogurt Mengniu dalam jumlah besar. Sayangnya, tidak semua orang meminum yogurt dan susu tersebut.

Acara Lisa 'BLACKPINK' Dihentikan Karena Buang-buang MakananAcara Lisa 'BLACKPINK' Dihentikan Karena Buang-buang Makanan Foto: Site News/Shop

Kebanyakan langsung membuang yogurt dan susu itu ke tempat sampah. Setelah mereka menggunakan QR Code di kemasannya.

Video aksi buang-buang susu dan yogurt ini tentunya memancing kemarahan dari netizen China. Banyak yang menyayangkan mengapa 'Youth With You' melakukan hal seperti ini.

"Bayangkan berapa banyak anak-anak kecil yang membutuhkan yogurt dan susu di luar sana. Mereka malah membuangnya begitu saja," kritik netizen.

"Ini sangat disayangkan. Membuang minuman dan makanan begitu saja. Acara ini jadi tidak mendidik," tulis netizen lainnya.

Tak lama setelah video buang-buang makanan ini viral. Beijing Municpal Radio mengumumkan permberhentiaan atau penundaan sementara dari tayangan 'Youth With You'.

Acara Lisa 'BLACKPINK' Dihentikan Karena Buang-buang MakananAcara Lisa 'BLACKPINK' Dihentikan Karena Buang-buang Makanan Foto: Site News/Shop

Mereka tidak menyebutkan alasan jelas mengapa acara ini dihentikan untuk sementara. Namun pihak berwenang mengkonfirmasi adanya masalah dalam bagian produksi, setelah mereka melakukan penyelidikan.

Menanggapi hal ini, pihak produksi dan penyiaran acara 'Youth With You', iQIYI mengatakan bahwa pihaknya menerima semua masukan dan kritikan. Mereka juga akan memperbaiki semua kesalahan yang dilakukan.

Diketahui sebelumnya, China baru saja merilis undang-undang tentang limbah makanan.

Di mana setiap individu, organisasi hingga program yang menyalahgunakan makanan. Bisa dijatuhkan denda dari 10,000 yuan (Rp 22 juta) hingga 100,000 yuan (Rp 222 juta).

Baca Juga: Kurangi Limbah Makanan, China Awasi Video Makan di Internet



Simak Video "Yang Ingin Ditunjukkan Lisa-Rose BLACKPINK di Debut Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com