Apakah Mengeluh Lapar dan Membicarakan Makanan Bisa Membatalkan Puasa?

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 04:00 WIB
Apakah Mengeluh Lapar dan Membicarakan Makanan Bisa Membatalkan Puasa? Foto: iStock
Jakarta -

Tak jarang orang yang membicarakan soal makanan hingga mengeluh kelaparan dan kehausan saat menjalankan ibadah puasa. Apakah hal tersebut dapat membatalkan puasa?

Ibadah puasa Ramadhan wajib hukumnya bagi umat Muslim. Perintah tersebut telah diterangkan dalam Surah Al Baqarah ayat 183, "Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,".

Berpuasa dijalankan dengan menahan lapar dan haus selama sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Tentunya hal tersebut tidak mudah dilakukan. Sering kali orang berpuasa mengeluh lapar dan haus.

Nah, keluhan seperti ini kemudian banyak diperdebatkan. Tak sedikit yang menyebut bahwa mengeluh lapar dan haus dapat membatalkan puasa. Begitu juga dengan orang yang membicarakan soal makanan.

Baca Juga : Ini Keutamaan dari Menyegerakan Waktu Berbuka Puasa

1. Hukum Mengeluh Lapar dan Haus saat Berpuasa

Apakah Mengeluh Lapar dan Membicarakan Makanan Bisa Membatalkan Puasa?Apakah Mengeluh Lapar dan Membicarakan Makanan Bisa Membatalkan Puasa? Foto: iStock

Sebaiknya puasa dilakukan secara ikhlas, sebab mengeluh lapar dan haus saat berpuasa dikhawatirkan bisa mengurangi pahala. Apalagi jika dilakukan secara terus menerus, hukumnya bisa menjadi makruh.

Mengeluh lapar dan haus saat berpuasa dinilai sebagai salah satu kurangnya rasa sabar. Hal ini pernah diterangkan lewat sebuah Hadist Riwayat Ibnu Khuzaimah yang berbunyi:

"Puasa itu bukanlah sebatas menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi puasa adalah menjauhi perkara yang sia-sia dan kata-kata kotor," (HR. Ibnu Khuzaimah no. 1996. Tahqiq Syaikh Al-A'zami berkata ini shahih).

Baca Juga : Tak Sengaja Menelan Sisa Makanan yang Terselip di Gigi, Batalkah Puasa?

2. Penjelasan Menurut Ustadz Ammi Nur Baits

Apakah Mengeluh Lapar dan Membicarakan Makanan Bisa Membatalkan Puasa?Apakah Mengeluh Lapar dan Membicarakan Makanan Bisa Membatalkan Puasa? Foto: iStock

Lewat video yang diunggah di channel YouTube Anb Channel (27/20), Ustadz Ammi Nur Baits pernah juga menjelaskan tentang hukum mengeluh lapar dan haus saat berpuasa.

"Sebatas mengeluh insyaAllah tidak masalah. Dulu sebagian sahabat Nabi dalam kondisi yang sangat terik dan panas, mereka menceritakan kondisi saat berpuasa," ujar Ustadz Ammi Nur Baits.

Sahabat nabi tersebut menceritakan bahwa saat dia berpuasa dia merasakan panas yang amat terik. Bahkan sampai ubun-ubunnya terasa seperti dicengkram. Sampai waktu berbuka tiba dia pun minum air.

"Mungkin saat itu, sahabat Nabi mengalami dehidrasi sangat parah. Beliau menceritakan hal tersebut. Jadi, insyaAllah tidak membatalkan puasa," tutur Ustadz Ammi Nur Baits.

Baca Juga : Ini Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com