Ketupat Lebaran Komplet

Santan untuk Rendang Daging Ada 4 Jenis, Mana yang Paling Gurih?

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 10:30 WIB
Santan untuk Rendang Daging Ada 4 Jenis, Mana yang Paling Gurih? Foto: iStock
Jakarta -

Pemilihan jenis santan adalah kunci kelezatan rendang daging. Ada 4 jenis santan untuk rendang daging, mana yang paling gurih?

Santan adalah sari kelapa yang didapatkan daging buah kelapa parut. Proses pembuatan santan biasanya menggunakan teknik peras dan saring. Sebelum diproses daging kelapa parut lebih dulu diremas-remas dengan air.

Kamu bisa mendapatkan jenis santan dengan tingkat kekentalan sesuai selera. Hal itu tergantung dari berapa kali kamu melakukan proses pemerasan dan penyaringan. Karenanya ada berbagai jenis santan yang dibedakan dari tingkat kekentalannya.

Ada santan kental, santan encer dan santan instan. Selai teksturnya, ketiga jenis santan segar tersebut juga memiliki perbedaan pada kegunaannya. Hal tersebut diungkap dalam webinar bertajuk 'Ngerendang' yang diadakan oleh FGD Pengusaha Rendang (12/03). Santan untuk rendang daging perlu dipilih dengan tepat agar rasa rendang gurih enak.

Berikut ini 4 jenis santan yang bisa dipakai untuk membuat rendang daging.

1. Santan Kental

Santan untuk Rendang Daging Ada 4 Jenis, Mana yang Paling Gurih?Santan untuk Rendang Daging Ada 4 Jenis, Mana yang Paling Gurih? Foto: iStock

Santan kental diolah dari kelapa tua yang masih segar. Kelapa tersebut kemudian diparut hingga halus. Sebelum diparut, pastikan untuk mengupas bagian kulit arikelapa yang berwarna cokelat.

Cara tersebut bertujuan agar hasil santan kelapanya lebih putih bersih. Setelah diparut halus, kemudian diproses dengan teknik peras. Nah, santan kental ini adalah hasil perasa pertama dari kelapa parut.

Perasan pertama itu menghasilkan santan dengan teksturnya yang kental. Santan kental ini mudah pecah saat dimasak, karenanya saat proses masak santan harus terus diaduk agar tidak pecah dan menggumpal.

Jika santan kental ini direbus dalam waktu yang lama, maka santan akan cepat berubah menjadi minyak. Jenis makanan yang cocok menggunakan santan kental adalah nasi uduk, nasi kuning, mango sticky rice.

Baca Juga : Resep Soto Daging Sapi Kuah Bening yang Gurihnya Mantul

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com