Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas

Devi Setya - detikFood Kamis, 03 Sep 2020 13:30 WIB
Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas Foto: Getty Images/WillSelarep
Jakarta -

Selain membuat rasa makin enak, santan juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Santan bisa membantu menurunkan berat badan hingga perkuat imunitas.

Kelapa termasuk tanaman tua yang sudah tumbuh sejak 4.500 tahun lalu. Bagian buahnya banyak dimanfaatkan sebagai campuran makanan, demikian juga air kelapa yang segar dan memiliki nutrisi baik untuk tubuh.

Saking istimewanya, kelapa bahkan memiliki hari spesial yakni setiap tanggal 2 September ditetapkan sebagai Hari Kelapa Sedunia. Selain daging buah dan air kelapa yang bisa dikonsumsi langsung, ada juga santan yang tak kalah populer.

Buah dengan nama latin Cocos Nucifera ini juga kerap diolah jadi berbagai produk olahan mulai dari santan, gula kelapa hingga minyak kelapa. Semua produk alami ini terkenal enak dan punya banyak manfaat.

Santan banyak dijadikan campuran masakan, kue ataupun minuman karena rasanya gurih lezat dan juga mengandung segudang manfaat kesehatan. Belum banyak yang tahu kalau santan bisa membantu menurunkan berat badan, meredakan sakit maag, mengurangi resiko sakit jantung dan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari Boldsky (3/9) berikut beberapa manfaat santan untuk kesehatan tubuh.

1. Kandungan nutrisi santan

Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat ImunitasManfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas Foto: Getty Images/WillSelarep


Santan disebut-sebut memiliki kandungan lemak yang tinggi dan bisa memicu kolesterol. Padahal lemak pada santan merupakan lemak nabati yang jika dikonsumsi dalam porsi tepat justru akan memberi dampak positif.

Dalam 100 gram santan setidaknya mengandung 2,08 gram lemak, protein 0,21 gram, karbohidrat 2,92 gram dan kalsium 188 mg. Santan segar juga mengandung potasium, sodium, vitamin A, vitamin D dan vitamin B12.

Untuk mendapatkan seluruh nutrisi ini, kamu harus mengolah santan segar yang terbuat dari kelapa asli. Santan yang berkualitas bisa diperoleh dari kelapa dengan kematangan sedang. Dari kelapa ini kamu bisa mendapatkan santan yang banyak sekaligus kental dan creamy.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yuk Cobain Kuliner Unik Belut dari Sumba!"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com