Waspada! Makan di Restoran Tetap Berisiko Tertular Virus Corona Meski Sudah Vaksin

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 04 Mei 2021 06:00 WIB
Waspada! Makan di Restoran Tetap Berisiko Tertular Virus Corona Meski Sudah Vaksin Foto: iStock
Jakarta -

Setelah setahun pandemi Covid-19 melanda dunia, kehadiran vaksin seperti angin segar. Tapi perlu diingat vaksin tidak menjamin 100% seseorang kebal virus Corona, termasuk saat makan di restoran.

Setelah setahun lamanya dunia terasa seperti dikurung oleh pandemi Covid-19, vaksin akhirnya tersedia dan seperti angin segar untuk masyarakat dunia. Vaksin dikatakan akan ampuh untuk memberikan perlindungan tambahan terutama pada lansia saat pandemi.

Tak hanya lansia, semua orang yang telah menerima vaksin juga seperti diberikan harapan yang lebih besar untuk mulai beraktivitas seperti biasanya. Nyatanya, vaksin tidak membuat tubuh menjadi kebal dari virus melainkan hanya memberikan perlindungan tambahan agar gejala yang disebabkan tak parah.

Walaupun telah menerima vaksin secara lengkap beberapa hal juga masih perlu diwaspadai. Terutama pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ruang umum dan banyak orang dalam suatu ruangan termasuk makan di restoran.

Waspada! Makan di Restoran Tetap Berisiko Tertular Virus Corona Meski Sudah VaksinWaspada! Makan di Restoran Tetap Berisiko Tertular Virus Corona Meski Sudah Vaksin Foto: iStock

Dilansir melalui Vox (30/4), National Restaurant Association melaporkan bahwa penurunan penjualan pada restoran bahkan mencapai lebih dari Rp346 Triliun pada saat pandemi. Bahkan lebih dari 110.000 restoran dilaporkan menutup gerainya karena kerugian yang tak bisa diatasi.

Organisasi ini juga mengestimasikan bahwa ada sekitar 8 juta pegawai restoran yang diberhentikan. Selain karena masalah finansial, terlalu banyak pekerja pada restoran juga akan mengancam risiko kesehatan bagi seluruh yang hadir di restoran tersebut.

Namun data terbaru yang dilaporkan oleh Morning Consult menunjukkan hanya 55% orang yang merasa nyaman untuk makan di dalam restoran pada saat pandemi. Para ahli kesehatan juga mengkhawatirkan terkait makan di restoran pada masa pandemi.

Waspada! Makan di Restoran Tetap Berisiko Tertular Virus Corona Meski Sudah VaksinWaspada! Makan di Restoran Tetap Berisiko Tertular Virus Corona Meski Sudah Vaksin Foto: iStock

Para ahli mengatakan bahwa makan di dalam ruangan restoran masih sangat berisiko terhadap penularan virus yang masih bisa terjadi. Ketika kamu memilih untuk tetap makan di restoran, menggunakan masker sesuai anjuran medis masih diharuskan.

Para epidemilog juga menaruh perhatiannya terkait kebiasaan makan di restoran yang mulai kembali meningkat. Mereka melihat peningkatan risiko dari kegiatan makan di restoran yang melibatkan banyak orang dan melepas masker dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: Peneliti Sebut Makan di Restoran Lebih Berisiko Terpapar COVID-19

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Bikin Sambal Bajak Petai yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com