Cicip Es Buah Indonesia, 4 Wanita Korea Ini Takjub dengan Nangka dan Kolang-kaling!

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 01 Mei 2021 19:30 WIB
cewek korea cobain es buah Foto: YouTube Hari Jisun
Jakarta -

Es buah bukan hal asing bagi orang Indonesia, namun tidak dengan 4 wanita asal Korea Selatan ini. Baru pertama kali mencicipinya, mereka merasa takjub.

Es buah di Indonesia adalah hidangan dessert yang mudah ditemui. Es ini menggunakan aneka buah sesuai selera dan biasanya diberikan campuran susu kental manis serta sirup.

Saat Ramadhan, es buah juga menjadi primadona dan banyak diburu. Tak hanya bisa ditemui di beberapa pedagang, tapi juga bisa dibikin sendiri di rumah.

Biasanya campuran buah dalam es buah menggunakan apel, melon, blewah, kelapa muda, alpukat, stroberi, buah naga, hingga nangka. Buah-buah ini sangat mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia.

cewek korea cobain es buahcewek korea cobain es buah Foto: YouTube Hari Jisun

YouTuber Hari Jisun juga membuat es buah khas Indonesia ini di Korea. Ia menggunakan buah naga, anggur, alpukat, kelapa, nangka, dan kolang-kaling. Buah-buahan ini termasuk susah ditemui di Korea, kalaupun ada harganya sangat mahal.

Beragam buah itu ia campurkan dengan susu cair, es batu, dan susu kental manis. Warna kuahnya jadi merah muda karena berasal dari buah naga yang ia gunakan.

Baca Juga: 4 Tips Membuat Es Buah Rendah Kalori dan Lebih Sehat

Jisun meyajikan semangkuk besar es buah untuk teman-temannya. Saat melihat apa yang dibawa oleh Jisun, keempat temannya ini tampak takjub.

cewek korea cobain es buahcewek korea cobain es buah Foto: YouTube Hari Jisun

"Wah keren! Ini menu yang hita harapkan!" ujar teman Jisun.

Mereka tampak takjub dengan isian buah yang digunakan. Karena beberapa buah itu tidak ada di Korea. Mereka juga heran karena alpukat dicampurkan di sana. Karena di Korea alpukat biasa digunakan untuk salad atau hidangan gurih.

Keempat teman Jisun ini sangat antusias dan menuangkan es buah dengan porsi yang besar ke mangkuk mereka. Saat mencicipi kuahnya, mereka langsung menyukainya.

"Wah kuahnya enak banget!" kata teman Jisun.

Setelah itu mereka mencicipi kolang-kaling. Mereka pun bingung dengan tekstur dan rasanya.

"Berasa makan batu yang berharga," ungkap salah satu teman Jisun. "Kayak rasa jelly. Ku kira ini jeli tapi bikin kaget," sahut yang lain.

Lalu, mereka juga bingung dengan buah nangka. Bahkan, sempat menyangka kalau buah nangka itu sebagai paprika dan belimbing.

Saat mencicipi buah nangka, salah satu di antara mereka menyebutkan kalau rasanya mirip kesemek. Beberapa dari mereka juga baru pertama kali mendengar soal buah nangka.

Secara keseluruhan, 4 teman Jisun ini sangat menyukainya. Apalagi mereka bisa mencoba buah-buahan yang belum pernah dicoba sebelunya.

cewek korea cobain es buahcewek korea cobain es buah Foto: YouTube Hari Jisun

"Buah ini (kolang-kaling) tidak pernah coba di Korea kan yang bentuknya kayak jelly. Tekstur ini mengejutkan banget bagi aku karena aku membayangkan tekstur yang pecah di mulut, tapi ternyata rasanya gurih. Itu (nangka) juga shock banget aku kirain itu paprika, ternyata itu juga buah," ungkap teman Jisun.

"Apalagi ku shock banget karena pakai alpukat di es buah. Semuanya di luar dugaanku jadi aku shock terus! Daging kelapa juga baru pertama kali ku coba dan ternyata enak. Rasanya sedikit lebih berat dari pada es buah Korea, tapi ini enak sekali!" sambungnya.

Baca Juga: Slurpp! 5 Rekomendasi Resep Es Buah Segar Buat Buka Puasa



Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com