30 Resep Takjil Buka Puasa

4 Tips Membuat Es Buah Rendah Kalori dan Lebih Sehat

Riska Fitria - detikFood Jumat, 16 Apr 2021 16:30 WIB
es buah unggahan netizen Foto: Instagram @makandonk
Jakarta -

Berbuka puasa enaknya dengan es buah yang manis dan menyegarkan. Ini tips membuat es buah yang rendah kalori dan lebih sehat.

Es buah menjadi hidangan yang wajib ada saat berbuka puasa. Perpaduan antara buah-buahan segar dan kuah susu yang manis agaknya dapat menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Namun, tahukah kamu berapa kandungan kalori pada es buah? Dikutip dari Data Gizi Indonesia, dalam satu gelas es buah mengandung 120 hingga 247 kalori. Jangan khawatir, kamu bisa mengurangi kalori pada es buah.

Caranya, pilihlah bahan-bahan yang lebih sehat. Mulai dari pemilihan buah dan bahan-bahan untuk pembuatan kuah segarnya.

Berikut 4 tips membuat es buah yang rendah kalori dan menyehatkan:

1. Memilih Buah Rendah Kalori

Es buah4 Tips Membuat Es Buah Rendah Kalori dan Lebih Sehat Foto: iStock

Sebagai bahan utama, tentu pemilihan buah harus diperhatikan. Hal pertama, pilihlah jenis buah-buahan yang kandungan kalorinya rendah.

Mulai dari pepaya dengan 39 kalori per 100 gram , alpukat dengan 160.1 kalori, semangka dengan 30.4 kalori, apel dengan 52.1 kalori, strawberry 32.5 kalori, nanas 50 kalori dan lainnya.

Kemudian, pastikan juga buah-buahan yang dipilih sudah matang dan masih segar. Sebab buah yang masih segar, kandungan air di dalamnya masih banyak. Jadi, bisa menghindari tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Baca Juga : 7 Menu Takjil Ramadhan yang Enak, Cocok untuk Buka Puasa

2. Pakai Air Kelapa Sebagai Pengganti Susu

Tropical green coconuts opened for the drinking water with straws.4 Tips Membuat Es Buah Rendah Kalori dan Lebih Sehat Foto: iStock

Selain pemilihan buah, kuah untuk es buah juga harus dibuat lebih sehat. Biasanya es buah identik dengan kuah yang terbuat dari gula atau susu kental manis yang banyak.

Rasanya memang segar dan nikmat, tetapi kandungan kalorinya banyak. Nah, kamu bisa mengganti susu kental manis kamu bisa menggunakan air kelapa muda yang jauh lebih menyehatkan.

Ada kandungan karbohidrat yang dapat meningkatkan energi tubuh. Cairannya yang banyak bisa mencegah dehidrasi. Selain itu, banyak antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

3. Tambahkan Air Jeruk Lemon

Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga Imunitas4 Tips Membuat Es Buah Rendah Kalori dan Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/cometary

Untuk meningkatkan rasa pada kuahnya, bisa juga ditambahkan dengan air jeruk lemon. Bukan hanya dapat meningkatkan rasa, tambahan air lemon ini juga bisa membuat racikan es buah lebih sehat.

Air lemon banyak mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Ada banyak khasiat yang didapatkan dari vitamin C yang terkandung pada air lemon.

Mulai dari melancarkan sistem pencernaan, mengurangi kerutan kulit, hingga menyegarkan nafas. Kandungan zat polifenol pada air lemon juga bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Pakai jus buah segar

Manfaat Jus Jeruk4 Tips Membuat Es Buah Rendah Kalori dan Lebih Sehat Foto: iStock

Selain pakai air kelapa, kamu juga bisa membuat kuah untuk sop buah dengan jus buah. Biasanya jus buah yang sering digunakan adalah jus jeruk. Dalam racikannya, kamu bisa menambahkan madu.

Namun, selain jus jeruk kamu bisa menggunakan jus buah lainnya, seperti jus melon atau jus semangka yang tak kalah menyegarkan. Pastikan juga untuk tidak menambah gula terlalu banyak ke dalam racikan jusnya.

Baca Juga : Es Buah yang Manis Segar Mudah Dibuat dengan Resep Ini



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com