Punya Sisa Nasi? Olah Saja Jadi 5 Hidangan Enak Ini

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 02 Mei 2021 06:00 WIB
Punya Sisa Nasi? Olah Saja Jadi 5 Hidangan Enak Ini Foto: iStock
Jakarta -

Sisa nasi seringkali menjadi masalah di dapur. Padahal ada cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sisa nasi, seperti membuatnya jadi hidangan enak ini.

Nasi merupakan bahan pokok yang dikonsumsi oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Tetapi, sisa nasi yang ada di rumah sering menjadi masalah.

Saat waktu makan bersama keluarga, mungkin nasi tidak akan langsung habis pada satu waktu makan. Hal ini yang akan menjadi tantangan, terutama ibu-ibu, untuk mengolah kembali nasi tersebut. Sisa nasi akan sangat disayangkan jika langsung dibuang.

Berikut ini beberapa hidangan yang bisa dibuat dari sisa nasi yang ada di rumah:

Punya Sisa Nasi? Olah Saja Jadi 5 Hidangan Enak IniPunya Sisa Nasi? Olah Saja Jadi 5 Hidangan Enak Ini Foto: iStock

1. Kroket Nasi

Kroket nasi bisa menjadi pilihan mengolah nasi sisa menjadi camilan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kroket nasi berupa nasi putih, tempe, telur, bumbu-bumbu dan tepung roti. Untuk membuatnya lebih istimewa, kamu bisa mengikuti resep ini.

2. Cireng Nasi

Cireng nasi bisa menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati saat menonton tv maupun bersama keluarga. Cireng nasi hanya membutuhkan nasi putih sisa, bawang putih, dan tepung tapioka untuk dibuat. Begini bahan dan cara membuatnya.

Baca Juga: Punya Sisa Nasi? Yuk, Buat 5 Resep Nasi Ini Untuk Bekal!

3. Kerupuk Nasi

Punya Sisa Nasi? Olah Saja Jadi 5 Hidangan Enak IniPunya Sisa Nasi? Olah Saja Jadi 5 Hidangan Enak Ini Foto: iStock

Mengolah nasi sisa menjadi kerupuk nasi bisa menjadi pelengkap pada waktu makan selanjutnya. Kerupuk nasi tak ubahnya kerupuk karak yang khas dari Solo.

Bahan utama pembuatan karak adalah nasi yang sudah dikukus bersama bumbu seperti bawang putih dan garam.

Setelah dikukus, nasi ditumbuk hingga halus. Karak selanjutnya dibentuk atau dicetak hingga tipis. Proses penjemuran diperlukan untuk membuat karak kering. Terakhir, karak digoreng hingga garing dengan api kecil-sedang.

4. Nasi Panggang Keju

Menu ini menjadi pilihan untuk mengolah kembali nasi sisa selain menjadi camilan. Untuk membuatnya kamu hanya membutuhkan isian sesuai selera dan taburan kejumozarella di bagian atas nasi. Kemudian panggang di oven.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nostalgia Kuliner Tempo Dulu Khas Jateng-Jatim di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com