5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 01 Mei 2021 10:00 WIB
Kuliner Betawi Hasil Perpaduan Kuliner China, Belanda dan India Foto: iStock

3. Bubur Ase

5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat Foto: Aksara Pangan

Bubur ase merupakan kuliner khas Betawi yang sudah hampir langka. Dulu, hidangan yang satu ini sering disajikan untuk menu buka puasa. Bubur ini diberi topping berupa asinan, tauge dan mentimun.

Lebih lanjut, hidangan ini dinamakan bubur ase karena kuliner Betawi ini disiram menggunakan kuah ase atau kuah semur yang teksturnya encer. Kuahnya tidak menggunakan kecap terlalu banyak dan rasanya sedikit asam seperti sayur asem.

Bubur ase akan semakin lezat saat disantap pakai kerupuk merah. Kuah ase sama seperti semur, hanya saja tidak menggunakan kayu manis dan rempah yang terlalu banyak.

4. Sayur Besan

5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat Foto: Aksara Pangan

Sesuai dengan namanya, sayur besan merupakan kuliner khas Betawi yang dihidangkan untuk menjamu dan menghormati tamu besan. Biasanya disuguhkan oleh pengantin perempuan untuk keluarga suaminya.

Menurut Cucu Sulaicha, Dewa Pakar Persatuan Wanita Betawi, sayur besan ini masih disajikan di daerah Jakarta Selatan, Ciputat bahkan hingga ke Parung, Bogor.

Bahan-bahan yang digunakan adalah terubuk, daun salam, tomat, jagung muda, kol, kemban kol, cabai merah, terasi dan ebi. Jika dilihat dari racikannya, sayur besar sama seperti sayur lodeh.

Sayur besan umumnya disajikan dengan telur gulung dadar, terubuk telur sambal, ikan jaer dan lalapan. Hidangan ini disajikan sebelum atau sesudah lebaran, karena biasanya orang-orang banyak yang melangsungkan pernikahan di waktu-waktu tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com