Kuliner Hidden Gems

Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 12:00 WIB
Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir Foto: detikFood
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
Jakarta -

Letaknya tersembunyi di dalam tempat parkir bis dan mobil. Rumah makan soto Betawi ini sudah eksis sejak tahun 1952 di Cawang.

Tak sulit mencari tempat makan soto yang enak di sekitar Jakarta. Namun bagi penggemar soto Betawi, mungkin masih jarang yang tahu bahwa di sekitar Cawang, Jakarta Timur ada tempat makan soto Betawi yang enak.

Namanya Soto Cawang, lokasinya memang berada di Jalan Mayor Jendral Sutoyo. Hanya saja warung makan soto ini letaknya berada di dalam area parkir mobil dan bis di samping Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Meski tempatnya yang tersembunyi, tapi untuk kualitas rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Selama puluhan tahun resep soto Betawi di sini tak pernah berubah, bahkan metode masaknya pun masih menggunakan kayu bakar tradisional.

Berikut pilihan menu hingga cita rasa soto Betawi legendaris di Soto Cawang.

Baca Juga: H. Husein : Rela Antre Demi Nikmati Semangkuk Soto Betawi yang Gurih Mantap


1. Sudah Eksis Sejak 68 Tahun Lalu

Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area ParkirLezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area Parkir Foto: detikFood

Masih mempertahankan konsep warung makan yang sederhana, Soto Cawang ternyata sudah ada sejak tahun 1952. Menurut Dedi salah satu pemilik Soto Cawang, dulu sang kakek, Pak Haji Suhana berjualan di tempat yang sekarang gedung BNN berdiri.

"Meski jualannya soto Betawi, tapi sebenarnya keluarga kami itu asalnya dari Bogor. Tapi karena memang dari dulu kakek sudah merantau ke Jakarta, jadi kakek buka usaha soto Betawi di tahun 1952," jelas Dedi ke detikFood (22/01).

Kemudian di tahun 1991, Soto Cawang ini pindah ke tempat sekarang, yaitu di dalam parkiran mobil dan bis.

"Walau masuk ke dalam parkiran. Tapi yang namanya pelanggan setia pasti tetap mampir ke sini. Bahkan ada yang cari-cari sampai 8 tahun, baru tahu kalau kita pindah ke sini," kenang Dedi.


2. Ludes Terjual Dalam Hitungan Jam

Lezatnya Soto Cawang, Soto Betawi Legendaris di Area ParkirPak Dedi, Salah Satu Pemilik Soto Cawang. Foto: detikFood

Buka dari jam 8 pagi, Soto Cawang selalu jadi incaran para pelanggan setianya. Menu yang ditawarkan juga cukup lengkap, bisa pesan soto Betawi dengan isian daging sapi, paru, babat, kikil hingga tulang muda.

"Kalau mau lengkap, bisa datang sebelum jam makan siang. Soalnya datang di atas jam 12 siang pasti sudah banyak yang habis. Orang paling ramai ke sini untuk makan siang," lanjut Dedi, yang merupakan generasi ketiga penerus Soto Cawang ini.

Untuk menu andalannya, ada soto Betawi Daging dan soto Betawi paru. Pilihan parunya, bisa pilih paru basah atau paru kering yang renyah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com