5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 01 Mei 2021 10:00 WIB
Kuliner Betawi Hasil Perpaduan Kuliner China, Belanda dan India Foto: iStock
Jakarta -

Betawi memiliki aneka kuliner khas yang biasa disajikan untuk takjil berbuka puasa dan hidangan lebaran. Sayangnya, beberapa makanan itu mulai sulit didapat.

Penting untuk kita melestarikan kuliner tradisional. Sebab jika tidak, akan hilang begitu saja mengikuti perkembangan kuliner yang terus memunculkan tren-tren baru.

Seperti pada kuliner tradisional dari tanah Betawi yang beberapa di antaranya tidak sepopuler dulu. Padahal dulunya, kuliner tersebut sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa dan lebaran.

Hal tersebut diungkap oleh Maharani dan Cucu Sulaicha dari Dewan Pakar Persatuan Wanita Betawi lewat sebuah webinar bertajuk 'Kelir Betawi' yang diadakan oleh Aksara Pangan bersama dengan Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, dan Lembaga Kebudayaan Betawi (28/04).

Berikut 5 kuliner Betawi yang kini muali sulit didapat:


1. Bubur Jali

5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat Foto: Aksara Pangan

Bubur jali khas Betawi ini biasa disuguhkan sebagai takjil buka puasa. Tanaman jali juga dikenal dengan sebutan barley dalam bahasa Inggris. Jali sendiri merupakan tanaman sejenis padi-padian (sereal).

Tanaman ini merupakan asli dari Asia Tenggara, kemudian menyebar dan dikembangkan di darat China Utara dan India. Bubur kali dimasak menggunakan santan yang dimasak secara terpisah.

Jali-jali lebih dulu dicuci, lalu direbus sampai teksturnya menjadi empuk. Baru kemudian dicampur dengan gula aren dan garam. Gula aren yang digunakan harus diencerkan terlebih dahulu.

2. Setup Tape

5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat5 Kuliner Betawi yang Kini Mulai Sulit Didapat Foto: Aksara Pangan

Setup tape ini menjadi salah satu kuliner khas Betawi yang mendapat pengaruh dari Belanda. Kata 'setup' diambil dari bahasa Belanda 'stoof' yang artinya memasak dengan menggunakan cairan.

Maharani, Dewan Pakar Persatuan Wanita Betawi menjelaskan bahwa untuk membuat setup tape harus menggunakan api kecil, air sedikit dan tidak terlalu lama.

Bahan-bahan yang digunakan adalah tape, kelapa santan, daun pandan, daun jeruk, kayu manis, jahe, cengkeh, gula pasir dan garam. Selai tape, bahan utamanya juga bisa diganti menjadi talas atau singkong.

Baca Juga : Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com