30 Resep Kue Lebaran

Fakta Menarik Sosok di Balik Gambar Kaleng Biskuit Khong Guan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 29 Apr 2021 14:00 WIB
Ini 14 Jenis Biskuit yang Ada dalam Kaleng  Khong Guah Merah Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Gambar yang ada pada kaleng biskuit Khong Guan merah memang sangat ikonik. Banyak yang mempertanyakan sosok ayah dalam gambar keluarga tersebut. Ini penjelasannya.

Biskuit Khong Guan merah memang sudah legendaris. Diciptakan pertama kali oleh kakak beradik Chew Choo Keng dan Chew Choo Han pada tahun 1947. Berasal dari Singapura dan kini populer hingga ke Indonesia.

Di Indonesia, merek biskuit tersebut didesain dengan gambar yang memperlihatkan seorang ibu dengan dua orang anaknya tengah menikmati biskuit. Gambar tersebut membuat masyarakat penasaran siapa sosok di balik pelukisnya.

Selain itu, ada juga hal yang sering dipertanyakan oleh masyarakat sehingga memunculkan banyak meme kocak dan konspirasi. Hal tersebut adalah ketidakhadiran sosok ayah pada gambar tersebut.

Berikut 5 fakta menarik di balik gambar kaleng biskuit Khong Guan:

1. Didesain oleh Bernardus Prasodjo

Fakta Menarik Sosok di Balik Gambar Kaleng Biskuit Khong GuanFakta Menarik Sosok di Balik Gambar Kaleng Biskuit Khong Guan Foto: Facebook Andreas

Gambar yang ada pada kaleng biskuit Khong Guan selalu menarik perhatian. Memperlihatkan seorang ibu dan dua orang anaknya tengah duduk bersama di meja, sambil menikmati aneka biskuit dan teh.

Banyak yang bertanya-tanya siapa sosok di balik gambar pada kaleng biskuit Khong Guan. Sosok tersebut adalah Bernardus Prasodjo yang memang dikenal sebagai seorang pelukis.

Ketika ia pindah ke Jakarta, ia bekerja sebagai pelukis di sebuah perusahaan sparasi film. Di sanalah, Bernardus mendapat orderan untuk membuatkan gambar pada kemasan kaleng biskuit Khong Guan yang muncul pada tahun 1971.

Dilansir dari Jacobis.co, Bernardus mengatakan kalau ide gambar tersebut dibuat sesuai permintaan perusahaan. Bernardus memulai dengan gambar ilustrasi hitam putih, baru kemudian dilukis ulang memakai cair air berwarna.

Baca Juga :KhongGuan, Biskuit Nostalgia Dalam Kaleng Merah

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Es Eny, Campuran Buah dan Manisan Yang Menyejukan Panasnya Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com