5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 28 Apr 2021 04:00 WIB
5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk! Foto: iStock

3. Makan Bersama-sama

5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk!5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk! Foto: iStock

Tak hanya saat berbuka puasa, melaksanakan sahur bersama-sama juga menjadi hal yang dianjurkan bahkan dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Melaksanakan sahur bersama keluarga atau kerabat terdekat akan menambah keberkahan sahur yang bisa didapatkan.

Bahkan, di masa lampau, semua sahabat Nabi akan datang ke rumah Nabi untuk ikut sahur bersama Nabi dan para sahabat yang lainnya. Kebersamaan dengan keluarga dan kerabat terdekat menjadi suatu kegiatan yang akan diberkahi oleh Allah SWT.

Tak hanya mengincar keberkahan, melaksanakan sahur bersama dengan keluarga juga dikatakan sebagai waktu yang tepat untuk mempererat kasih sayang pada anggota keluarga. Pada waktu tersebut menjadi waktu yang tepat untuk berbincang satu sama lain dengan pikiran yang masih jernih di pagi hari.

4. Makan dan Minum Secukupnya

Waktu sahur bukan menjadi waktu dimana kamu bisa makan sebebasnya agar tak merasa lapar di siang hari. Sahur juga bukan menjadi ajang untuk minum sebanyak-banyaknya agar tak merasakan haus di siang hari ketika berpuasa.

Makan sahur harus dengan porsi yang seimbang, sehat dan sesuai dengan kebutuhan. Makan dan minum terlalu banyak saat sahur justru akan mengganggu pencernaan yang berdampak menimbulkan rasa tidak nyaman saat berpuasa.

Sebagaimana yang dikatakan dalam Al Qur'an:

"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf, ayat 31).

5. Tidak Langsung Tidur Setelah Sahur

5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk!5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk! Foto: iStock

Setelah makan sahur akan ada waktu jeda antara sahur dan waktu subuh yang disebut imsak. Pada saat imsak ini, sangat tidak dianjurkan untuk langsung tidur.

Langsung tidur setelah sahur dikatakan justru akan menimbulkan gangguan pada pencernaan. Mengingat makanan baru saja masuk dan sedang dicerna, tetapi ketika tubuh tertidur pencernaan akan berhenti dan makanan akan menumpuk di dalam tubuh.

Saat menunggu waktu subuh setelah sahur, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah. Misalnya seperti tadarus atau berdzikir hingga waktu subuh tiba. Hal ini ternyata terbukti lebih sehat karena jika tidur setelah sahur justru akan memicu lonjakan asam lambung yang mengganggu.

Baca juga: 5 Tips Sahur agar Puasa Tak Cepat Lapar

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com