Orang Indonesia Buka Puasa di Minimarket Korea, Makan Apa?

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 18:00 WIB
orang indonesia puasa di Korea, buka puasa di minimarket. makan apa saja? Foto: YouTube Bianca Kartika
Jakarta -

Orang Indonesia membagikan pengalamannya saat buka puasa di Korea. Karena tinggal di Korea untuk kuliah, ia berbuka puasa di minimarket. Makan apa saja ya?

Banyak orang Indonesia yang diketahui tinggal di Korea Selatan. Ada yang tinggal di sana untuk bekerja ataupun menempuh pendidikan.

Seperti YouTuber Bianca Kartika yang pindah ke Korea Selatan karena kuliah di sana. Sebagai seorang muslim, Bianca tetap melaksanakan ibadah puasa di sana.

Selama puasa ia sering membagikan pengalaman berpuasanya. Seperti saat berbuka puasa di minimarket Korea yang ada di dekat dorm (asrama kampus).

orang indonesia puasa di Korea, buka puasa di minimarket. makan apa saja?orang indonesia puasa di Korea, buka puasa di minimarket. makan apa saja? Foto: YouTube Bianca Kartika

Lewat videonya, Bianca menjelaskan kalau ia harus memperhatikan bahan campuran pada makanan yang akan disantap olehnya. Karena sebagian besar makanan yang ada di Korea megandung babi, jadi ia harus teliti membaca setiap bahan baku pada kemasan.

Baca Juga: Orang Indonesia Ini Cari Bumbu untuk Persiapan Puasa di Korea

"Mie di Korea bener-bener banyak banget, sebanyak itu, haduh. Tapi jarang sih ada yang bisa aku makan soalnya kebanyakan mengandung dwaeji gogi yah atau pork," ujar Bianca.

Sebenarnya makanan yang ada di minimaket ini sangat beragam. Mulai dari makanan siap saji, mie instan, sosis, hingga aneka dessert. Tapi, tak semuanya bisa Bianca makan.

Ia berkeliling minimarket dan mencari makanan dan minuman apa yang bisa dibeli. Pilihan pertama, Bianca membeli air mineral dan milk tea kaleng.

orang indonesia puasa di Korea, buka puasa di minimarket. makan apa saja?orang indonesia puasa di Korea, buka puasa di minimarket. makan apa saja? Foto: YouTube Bianca Kartika

Setelah membaca kemasan pada mie instan, pilihan Bianca jatuh pada mie instan kuah rasa keju. Ia juga membeli dessert berupa chaltteok. Yaitu kue serupa mochi dengan isian cokelat meleleh.

Tak hanya itu, Bianca juga membeli Corn Cheese Gratin. Pipilan jagung manis yang disajikan dengan kuah krim dan taburan keju mozarella. Untuk camilannya, Bianca membeli keripik jagung rasa pedas manis.

Menurut Bianca, semua makanan yang dipilihnya saat itu untuk berbuka puasa rasanya enak. Terutama untuk Corn Cheese Gratin dan Chaltteok rasa cokelatnya.

orang indonesia puasa di Korea, buka puasa di minimarket. makan apa saja?orang indonesia puasa di Korea, buka puasa di minimarket. makan apa saja? Foto: YouTube Bianca Kartika

Bianca juga mengatakan kalau puasa di Korea sangat berbeda dengan Indonesia. "Di luar tuh ngga ada tanda-tanda bulan puasa sama sekali, kayak biasa aja gitu. Ngga ada yang jual gorengan, ngga ada yang jual takjil," ungkapnya.

Walaupun dengan keterbatasan makanan yang bisa dibelinya di minimarket, namun Bianca tetap menikmati waktu berbuka puasanya.

Baca Juga: Segini Harga Jajanan Indonesia di Korea, Batagor Rp 130 Ribu!



Simak Video "Borong Aneka Kurma untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com