Begini Reaksi Jerome Polin Saat Pertama Kali Cicip Daging Kuda Mentah

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 25 Apr 2021 10:00 WIB
Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya! Foto: YouTube Nihongo Mantappu
Jakarta -

Jerome Polin biasanya mencicipi beragam makanan Jepang. Namun, kali ini untuk pertama kali Jerome Polin mencicipi daging kuda. Bagaimana komentarnya?

Jerome Polin adalah seorang YouTuber asal Indonesia yang dikenal jago matematika dan mendapatkan beasiswa di Jepang. Ia tak hanya membuat konten seputar matematika, namun juga soal kesehariannya.

Konten kuliner Jepang juga sering dibuat olehnya. Kali ini Jerome akan mencoba kuliner yang terbilang ekstrem. Yaitu mencicipi daging kuda mentah.

Baru tayang pada 22 April 2021 lalu di YouTube miliknya, video pengalamannya menyantap daging kuda mentah ini sudah ditonton lebih dari 527 ribu kali. Seperti apa sih reaksi Jerome?

Baca Juga: Jerome Polin Ajak 'Waseda Boys' Puasa, Ini Reaksi Mereka Tahan Lapar dan Haus

Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya!Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya! Foto: YouTube Nihongo Mantappu

Jerome mengunjungi sebuah restoran bernama Izakaya-kan yang terkenal dengan sajian sashimi daging kuda. Hidangan ini memang terkenal di daerah Kumamoto, Jepang.

Sashimi daging kudah atau basashi ini dibanderol harga mulai dari 1,300 yen hingga 3,800 yen (Rp 174 ribu - Rp 511 ribu) per porsinya. Jerome memesan basashi porsi mariawase dan Yukhoe dari daging kuda.

Menurut penjelasan temannya, daging kuda umum dimakan di Jepang. "Nggak sering juga sih, lebih tepatnya umum dimakan. Daging kuda itu sehat banget, soalnya lemaknya sedikit jadi menyehatkan," ujar teman Jerome.

Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya!Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya! Foto: YouTube Nihongo Mantappu

Melihatnya sekilas, basashi atau sashimi daging kuda ini mirip dengan daging sapi. Namun, warna merahnya jauh lebih gelap. Menurut Jerome aroma daging ini juga sama sekali tak berbau.

"Ini mungkin bentuknya sama kayak daging sapi ya? dan nggak bau ya, saa sekali ngga bau," kata Jerome.

Daging kudah mentah itu dinikmati oleh Jerome dengan cocolan shoyu. Jerome terkejut karena teksturnya sangat lembut. Menurutnya, daging kuda mentah ini juga memiliki after taste seperti salmon.

"Lembut! Lembut banget! Aku pikir bakalan keras, beneran lembut banget," ungkap Jerome.

Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya!Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya! Foto: YouTube Nihongo Mantappu

Jerome tak hanya mencicipi satu bagian daging kuda saja, tapi ada beberapa bagian. Dan menurutnya, setiap bagian memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Ada yang tekstur dagingnya mirip dengan ikan tuna dan cumi-cumi.

Ada juga daging kuda bagian tengkuk leher yang dicicipi olehnya. Untuk teksturnya, bagian ini agak keras. Namun, memiliki rasa yang manis.

Tak hanya sashimi daging kuda saja yang dicicipi oleh Jerome Polin, ada juga yukhoe. Adalah olahan daging kuda mentah cincang yang diberikan marinasi bumbu berupa garam, gula, minyak wijen, merica, dan bawang putih. Untuk toppingnya ditambahkan cincangan daun bawang, biji wijen, timun, dan kuning telur.

Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya!Jerome Polin Makan Daging Kuda Mentah, Lihat Reaksinya! Foto: YouTube Nihongo Mantappu

Saat mencicipinya, Jerome terlihat sangat menyukai yukhoe daging kuda ini. "Enak! Enak tapi aku ngga beras daging kudanya. Kayak daging biasa," katanya.

Tak hanya olahan daging mentah, tapi juga steak daging kuda. Tingkat kematangan steak itu adalah rare. Menurutnya, steak daging kuda tanpa cocolan saus ini malah memiliki aroma yang cukup tajam. Namun, ketika dicocol dengan saus rasanya jadi lebih enak.

"Agak bau ya, kenapa ya? Kenapa yang ini malah bau ya? Ada bau amisnya juga," pungkas Jerome.

"Baunya agak mirip-mirip sama daging domba ya," sambungnya lagi.

Daging kuda mentah yang dijadikan sashimi tidak memiliki aroma. Sedangkan kalau sudah dimasak malah mengeluarkan aroma yang mirip daging domba. Teksturnya seperti di antara daging ayam dan sapi, empuk dan agak renyah.

Baca Juga: Jerome Polin dan Erika eks JKT48 Cicipi Roti hingga Es Krim Luar Angkasa



Simak Video "Jerome Polin Tak Menyangka Bisa Masuk Forbes Asia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com