Jerome Polin dan Erika eks JKT48 Cicipi Roti hingga Es Krim Luar Angkasa

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 14:30 WIB
makanan luar angkasa; ada roti, takoyaki, dan es krim yang rasanya unik. Foto: YouTube Erikacang
Jakarta -

Makanan luar angkasa dibuat untuk para astronot. Di Jepang, ada beragam makanan luar angkasa seperti roti hingga es krim yang bisa dicicipi. Bagaimana rasanya?

Para astronot yang bekerja di luar angkasa tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Ada makanan khusus karena gaya gravitasi yang berbeda.

Di Jepang, banyak sekali makanan khusus astronot yang diproduksi. Tampilannya memang berbeda dari makanan pada umumnya, namun menyoal rasa dibuat semirip mungkin.

Seperti yang dicicipi oleh Jerome Polin dan Erika eks JKT48 lewat video vlog yang diunggah oleh channel YouTube Erikacang. Erika eks JKT48 ini membeli 3 makanan luar angkasa dari salah satu museum yang ada di Jepang.

Makanan luar angkasa yang dibeli olehnya adalah roti, takoyaki, dan es krim. Kemasan 3 makanan tersebut juga tampak sederhana dan mirip seperti makanan ringan (snack).

Karena sangat penasaran, Jerome dan Erika langsung membuka kemasan makanan luar angkasa itu. Pertama kali yang mereka cicipi adalah roti.

makanan luar angkasa; ada roti, takoyaki, dan es krim yang rasanya unik.makanan luar angkasa; ada roti, takoyaki, dan es krim yang rasanya unik. Foto: YouTube Erikacang

Baca Juga: 5 Makanan Aneh yang Disantap Astronot, Ada Makanan Basah hingga Air Kencing

Roti tersebut dikemas dalam stoples kecil yang di dalamnya terdapat kemasan plastik. Roti luar angkasa itu berbentuk seperti tabung dan tampilannya tak banyak berbeda dari roti pada umumnya.

Saat mencicipinya, Jerome dan Erika tampak menampilkan ekspresi yang aneh. Menurut keduanya, roti luar angkasa ini teksturnya sangat kering, tidak seperti roti pada umumnya yang bertekstur lembut dan empuk.

"Kayak roti yang dibuka bungkusnya terus didiemin seharian," ujar Erika. Hal inipun disetujui oleh Jerome Polin.

Waktu kadaluarsa roti luar angkasa ini juga memiliki perbedaan. Roti ini memiliki kadaluarsa mencapai hampir satu tahun, berbeda dengan roti biasa yang hanya memakan waktu sekitar seminggu. Harga roti luar angkasa ini dibanderol 500 yen ( Rp 66.000).

makanan luar angkasa; ada roti, takoyaki, dan es krim yang rasanya unik.makanan luar angkasa; ada roti, takoyaki, dan es krim yang rasanya unik. Foto: YouTube Erikacang

Selanjutnya, Jerome dan Erika mencicipi takoyaki luar angkasa. Takoyaki ini dibungkus dalam kemasan plastik. Berisikan 4 butir takoyaki.

Namun, tekstur takoyakinya mirip seperti biskuit karena keras, bukan seperti takoyaki yang empuk dan lembut. "Tapi, kayaknya takoyaki enak deh kalo crispy. Jadi kayak snack gitu ngga sih?" kata Erika.

Mereka pun langsung mencicipi takoyaki luar angkasa tersebut. Menurut mereka, rasanya seperti takoyaki pada umumnya. Namun menyoal tekstur, takoyaki ini seperti makanan ringan karena sangat renyah.

"Woah ini enak sih! Ini enak banget" ujar Jerome Polin. "Kalo aku jadi astronot sih, aku ngga bakal beli yang tadi. Aku bakal bawa ini semua, nyetok ini semua," sahut Erika.

makanan luar angkasa; ada roti, takoyaki, dan es krim yang rasanya unik.makanan luar angkasa; ada roti, takoyaki, dan es krim yang rasanya unik. Foto: YouTube Erikacang

Terakhir, mereka mencicipi es krim vanila luar angkasa. Rupanya bukan seperti es krim cone dengan tekstur yang lembut. Melainkan diletakkan dalam wadah persegi dan mirip seperti permen.

Walaupun dari tampilan terlihat tidak begitu menyakinkan, tetapi rasanya sangat mirip dengan es krim. "Awalnya garing pas digigit kan, tapi mas masuk kena air liur jadi es krim. Ngga dingin doang, tapi rasanya tuh vanila cream banget," ungkap Jerome Polim.

Keduanya tampak takjub dengan es krim luar angkasa ini karena di luar ekspektasi mereka. Rasa vanila dari susunya juga terasa creamy, namun sayangnya tidak dingin saja.

Baca juga: 5 Kisah Pengiriman Makanan ke Luar Angkasa, dari Burger hingga Durian



Simak Video "Akun Fiersa Besari Paling Ngetop di Twitter Indonesia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com