Salut! Nenek 84 Tahun Ini Jadi Tukang Kupas Bawang karena Ingin Mandiri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 23 Apr 2021 16:00 WIB
Salut! Nenek 84 Tahun Ini Jadi Tukang Kupas Bawang karena Ingin Mandiri Foto: Facebook Ricky Narayanan
Jakarta -

Di usia senja, beberapa lansia masih bekerja karena ingin hidup mandiri. Salah satunya nenek 84 tahun asal Malaysia ini yang jadi tukang kupas bawang.

Jika kebanyakan lansia beristirahat di usia senja, berbeda dengan beberapa lansia. Mereka masih harus banting tulang demi membiayai hidup sendiri.

Meski dilanda berbagai keterbatasan fisik, para lansia ini masih sungguh-sungguh berusaha mencari rezeki. Seperti halnya yang dilakukan nenek Ammakannu.

Dikutip dari World of Buzz (23/4), nenek 84 tahun ini masih jalani kerja paruh waktu sebagai tukang kupas bawang. Selain itu, nenek Ammakannu biasanya jalan 2 sampai 3 km setiap hari untuk menjual bahan makanan segar di pasar Awam Salak, Selangor.

Salut! Nenek 84 Tahun Ini Jadi Tukang Kupas Bawang karena Ingin MandiriSalut! Nenek 84 Tahun Ini Jadi Tukang Kupas Bawang karena Ingin Mandiri Foto: Facebook Ricky Narayanan

Namun karena pandemi Covid-19, ia tidak bisa berjualan di pasar seperti biasa. Nenek Ammakannu akhirnya bekerja di salah satu gerai chef Ricky Narayanan.

Ia bersedia melakukan pekerjaan apapun yang ada, termasuk mengupas bawang. Hal ini menarik perhatian chef Ricky secara langsung. Ia lalu menceritakan kisah nenek Ammakannu di Facebook-nya.

Baca Juga: Sering Unggah Video Makan, Nenek Berusia 98 Tahun Ini Jadi Seleb Online

Chef Ricky mengagumi semangat nenek Ammakannu karena tidak menyerah dan mau bekerja keras. "Ia lebih memilih bekerja alih-alih hanya mengobrol," kata chef Ricky.

Setiap hari nenek Ammakannu datang ke gerai dan bertanya pekerjaan apa yang bisa dia bantu. Biasanya chef Ricky akan memberi pekerjaan yang tidak terlalu berat seperti mengupas bawang merah, bawang putih, atau jahe.

Salut! Nenek 84 Tahun Ini Jadi Tukang Kupas Bawang karena Ingin MandiriSalut! Nenek 84 Tahun Ini Jadi Tukang Kupas Bawang karena Ingin Mandiri Foto: Facebook Ricky Narayanan

Nenek Ammakannu selesai bekerja sekitar pukul 16.30 lalu pulang ke rumah. "Nenek Ammakannu suka datang ke gerai saya dan mengupas bawang. Saya tidak memberinya pekerjaan berat. Tapi saya mengagumi tekadnya bekerja di usia senja," tutur chef Ricky.

Chef Ricky mengaku kerap teringat sosok ibunya di Penang saat melihat nenek Ammakannu. Menurutnya sifat mereka berdua mirip.

Sebelum nenek Ammakannu, kisah nenek yang masih bekerja di usia senja juga datang dari Langkawi, Malaysia. Tahun lalu viral kisah nenek 104 tahun masih bekerja sebagai nelayan.

Nenek 104 Tahun Masih Bekerja Sebagai NelayanNenek 104 Tahun Masih Bekerja Sebagai Nelayan Foto: Twitter @amriothmann

Nenek tersebut bernama Tok Wan. Diceritakan netizen Twitter @amriothmann, Tok Wan tiap hari sibuk menangkan ikan dan udang di laut.

Ia bekerja bukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pasalnya anak dan cucu Tok Wan sudah memintanya berhenti kerja untuk istirahat di rumah, namun ia merasa masih sehat dan ingin bekerja.

Selain menangkap ikan dan udang, Tok Wan juga mengolahnya menjadi belacan alias terasi. Nantinya terasi itu ia jual di pulau Tuba, Langkawi.

Baca Juga: Wanita 104 Tahun Ini Masih Aktif Sebagai Nelayan Demi Keluarga

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com