Wanita 104 Tahun Ini Masih Aktif Sebagai Nelayan Demi Keluarga

Riska Fitria - detikFood Minggu, 22 Des 2019 14:30 WIB
Foto: Twitter @amriothmann
Langkawi - Menolak untuk pensiun, wanita berusia 104 tahun ini lebih memilih untuk jadi nelayan demi bisa menghidupi keluarganya. Semangat kerjanya sangat menginspirasi.

Di Hari Ibu ini, kita kembali diingatkan dengan perjuangan seorang ibu. Sebagai ibu, tentunya mereka akan melakukan apapun demi bisa membahagiakan keluarga, termasuk soal mencukupi kebutuhan. Kali ini kisah seorang wanita 104 tahun.

Seorang ibu sekaligus nenek yang berasal dari Langkawi, Malaysia ini rela bekerja keras sebagai nelayan di usianya yang sudah sangat lanjut. Ia adalah Tok Wan yang usianya sudah mencapai 104 tahun.

Kegigihan Tok Wan dalam bekerja diceritakan oleh seorang netizen bernama @amriothmann. Melalui twitter, Amri menceritakan bahwa Tok Wan setiap hari selalu disibukkan dengan aktivitasnya menangkap ikan dan udang di laut.

"Tak ada istilah orang Melayu malas, kalau mengunjungi ke pulau Tuba Langkawi, kamu akan bertemu dengan wanita berusia 104 tahun yang masih melakukan aktivitas sebagai nelayan. Harap pihak yang berkaitan memberi perhatian dan pertolongan untuk kelangsungan hidupnya," tulis Amri.

Padahal anak-anak dan cucu-cucu Tok Wan sudah memintanya untuk berhenti bekerja dan menikmati masa tuanya dengan bersantai di rumah. Namun, Tok Wan menolak permintaan anak dan cucunya tersebut.

Baca Juga : Kesulitan Jalan, Nenek 110 Tahun Ini Jualan Kerupuk Pakai Tongkat

Wanita 104 Tahun Ini Masih Aktif Sebagai Nelayan Demi KeluargaFoto: Twitter @amriothmann


"Tok Wan punya keluarga, tapi dia mengabaikan mereka ketika cucunya memintanya untuk tinggal di rumah. Tok Wan bersikeras melakukan rutinitas hariannya seperti biasa, dan dia juga mengatakan bahwa dia masih sehat," tulis Amri dalam cuitannya.

Melansir dari World of Buzz (21/12) Tok Wan tidak hanya sibuk menangkan ikan dan udang di laut saja, tetapi nenek pekerja keras itu juga mengolahnya menjadi belacan. Belacan atau terasi buatannya itu kemudian ia jual di pulau Tuba, Langkawi.

Tok Wan berharap belacan dagangannya itu dapat laku terjual. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa akan lebih baik jika pihak berwenang memperhatikannya sehingga mereka dapat memberikan dukungan kepada produk lokal.

Tweet Amri yang menceritakan tentang kisah nenek hebat itu kemudian banyak ditanggapi oleh netizen. Para netizen mengaku kagum dengan kerja keras seorang ibu tersebut.

Wanita 104 Tahun Ini Masih Aktif Sebagai Nelayan Demi KeluargaFoto: Twitter @amriothmann


"104 tahun? Nelayan? Aku aja masih 21 tahun udah sering merasa capek kalau naik tangga karena eskalator rusak. Memalukan, masih muda udah capek, besok tua bagaimana?," komen netizen @Alyaaarose.

"Semoga Allah membantu dengan memberikan kesehatan, kekuatan dan rezeki yang melimpah, aamiin," tulis netizen lainnya @OMARAHMAD04.

Baca Juga : Mengharukan! 5 Kakek Nenek Ini Berjualan Makanan Demi Menyambung Hidup

Simak Video "Rambut Nenek Desa Kesambi Meroket ke Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)