7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 19:00 WIB
7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam Foto: istock

3. Popcorn

7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam Foto: istock

Jika kamu kesulitan tidur di malam hari dan memilih untuk menonton film sambil menunggu kantuk, sebaiknya hindari memilih popcorn sebagai camilan. Popcorn cenderung memiliki kandungan garam yang tinggi akan membuat kehausan di tengah malam.

"Sebelum tidur, aku tidak makan makanan yang asin karena itu akan membuatku kehausan di tengah malam," kata Petitpain selaku juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

4. Es Krim

Selain popcorn, beberapa orang mungkin juga akan memilih es krim untuk teman menonton film saat kesulitan tidur di malam hari. Sayangnya, hampir semua es krim mengandung lemak yang terlalu tinggi yang dapat memicu pencernaan yang lebih kuat dan peningkatan refluks asam.

"Aku menghindari makanan-makanan yang mungkin akan aku makan secara berlebihan, jadi aku tidak tidur dalam keadaan perutku penuh dengan makanan," kata Petitpain.

5. Keripik Kentang

7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam Foto: istock

Keripik kentang mungkin terdengar sebagai camilan ringan yang cocok untuk di tengah malam. Keripik kentang juga cocok untuk menemani berbagai situasi seperti menonton film atau sekadar bermain ponsel.

Sayangnya, keripik kentang memiliki 3 hal yang justru harus dihindari untuk dikonsumsi saat malam, yaitu minyak, lemak dan garam. Hal-hal tersebut akan menyebabkan seperti jantung terasa terbakar dan membagunkan tubuh untuk lebih banyak minum air.

6. Cokelat Panas

Seperti susu hangat, cokelat panas mungkin juga terdengar cukup nyaman untuk diminum di malam hari. Tetapi cokelat panas dan susu hangat ini memiliki perbedaan efek karena kandungan antara keduanya.

Susu hangat memang dapat menenangkan saraf karena fungsinya memproduksi serotonin dan menenangkan tubuh. Sayangnya, banyak orang lupa bahwa cokelat masih memiliki kandungan kafein yang akan membuat tubuh tetap terjaga bahkan semakin sulit tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com