5 Menu Takjil Buat Tadarus, Cocok untuk Melepas Dahaga

Kristina - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 16:00 WIB
Strawberries, red grapes, cantaloupe offered in plastic cups on ice at a food fair. Foto: Getty Images/TerryJ/5 Menu Takjil Buat Tadarus, Cocok untuk Melepas Dahaga
Jakarta -

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Menjelang buka puasa, umat Islam biasa mengisi waktu dengan kajian maupun tadarus Al Quran.

Dilansir dari Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Almufida, kata tadarus berwazan "Tafa'ul" (ٌلُعاَفَت) yang diambil dari akar kata "da-ra-sa" (ٌَسَرَد). Menurut Raghib al-Isfahani, secara bahasa darasa artinya tersisa jejak.

Secara metafora kata darasa mengandung arti membaca secara berulang-ulang yang disertai pemahaman.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tadarus adalah pembacaan secara bersama-sama ketika bulan puasa. Sehingga tak jarang kita jumpai umat Islam beramai-ramai tadarus di masjid. Namun saat pandemi COVID 19, tadarus bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19.

Selepas tadarus biasanya akan disediakan takjil untuk berbuka puasa. Menu takjil bisa disesuaikan untuk melepas dahaga usai melakukan tadarus.

Berikut menu takjil buat tadarus di bulan puasa yang bisa kamu coba:

1. Kolak Biji Salak Durian

Resep Kolak Biji Salak Durian yang Manis LegitResep Kolak Biji Salak Durian yang Manis Legit Foto: Youtube@Yongki Gunawan

Kolak merupakan salah satu takjil yang cocok untuk melepas dahaga. Rasanya yang manis menjadi ciri khas untuk berbuka puasa.

Ada banyak jenis kolak yang bisa kamu sajikan sebagai menu pembuka saat berbuka. Salah satunya kolak biji salak durian. Kolak ini memiliki rasa yang legit.

Untuk resep dan tips pembuatannya bisa dilihat di sini.

2. Salad Buah

Salad Buah EnakSalad Buah Enak Foto: Instagram

Siapa yang tak kenal salad buah? Olahan satu ini menjadi menu yang tak pernah absen saat bulan puasa. Selain dapat melepas dahaga dan lapar, salad buah juga menyehatkan.

Menu dengan tinggi vitamin ini bisa menjadi menu yang cocok untuk jamaah tadarus. Untuk menu versi sederhana, kamu bisa menggunakan minimal 3 jenis buah saja. Selain itu bisa juga ditambahkan jelly atau nata de coco.

Cara pembuatannya bisa dilihat di sini.

3. Putu Mayang

Putu MayangPutu Mayang Foto: detikfood/Odilia

Selain menu-menu di atas, tidak ada salahnya kamu mencoba takjil tradisional satu ini yakni putu mayang. Biasanya putu mayang disajikan dengan saus berupa santan gula merah.

Bahan utamanya terbuat dari tepung beras yang dicampur sedikit tepung tapioka. Takjil satu ini akan begitu nikmat saat disajikan dalam kondisi dingin.

Untuk resep pembuatannya kamu bisa cek di sini.

Klik halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com