Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget!

Sonia Basoni - detikFood Senin, 19 Apr 2021 17:30 WIB
Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget! Foto: YouTube Kristian Hansen
Jakarta -

Tertarik mencoba puasa untuk yang pertama kalinya. YouTuber bule ini sebut pengalaman yang berat, meski ia menyukainya.

Kristian Hansen merupakan YouTuber sekaligus traveler, yang tinggal berpindah-pindah di berbagai negara. Bule asal Eropa ini, sebelumnya sudah tinggal di Cyprus, Spanyol, Turki, Tanzania, Amerika dan sekarang tinggal di Indonesia.

Baca Juga: Pertama Kali Nyicip Sate Madura, Bule Ukraina Ini Ketagihan Enaknya

Memasuki bulan ramadan, ia tertarik untuk mempelajari budaya hingga kebiasaan orang-orang di Indonesia saat menjalankan ibadah puasa.

Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget!Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget! Foto: YouTube Kristian Hansen

Kristian yang menetap di Jakarta, merekam pengalamannya mencoba berpuasa untuk yang pertama kalinya selama tiga hari berturut-turut. Meski menurutnya di awal ia hampir menyerah, karena puasa ternyata cukup berat.

Ia akhirnya mengerti mengapa ibadah puasa ini sangat bermanfaat.

"Saya mencoba berpuasa selama tiga hari, tanpa makanan dan air hampir sepanjang hari. Benar-benar mengejutkan saya. Saya tinggal di Jakarta, Indonesia. Negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Saya mencoba puasa untuk belajar tentang tradisi, sekaligus menghormati teman-teman saya yang Muslim," ungkap Kristian.

Tak hanya asal melakukan puasa tanpa mempelajarinya. Kristian yang merupakan non-muslim, lebih dulu membaca tentang tata cara melakukan ibadah puasa. Mulai dari makan sahur, imsak, sampai waktu buka puasa.

Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget!Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget! Foto: YouTube Kristian Hansen

Bahkan ia berbuka puasa dengan memakan beberapa kurma. Baru menyantap hidangan utama seperti nasi dan ayam goreng.

Di hari pertama berpuasa, Kristian hampir menyerah. Ia sempat pusing dan lemas karena tidak masuk makanan dan cairan sama sekali.

Namun di hari kedua dan hari ketiga tubuhnya sudah terbiasa. Ia bahkan masih kuat berolaharaga meski tengah berpuasa.

Di hari terakhir ia berpuasa, ia mengajak salah satu temannya untuk buka di luar makan nasi goreng di pinggir jalan.

Terakhir Kristian menyimpulkan pengalamannya berpuasa untuk yang pertama kalinya.

"Harus saya bilang, saya memiliki rasa hormat yang sangat besar terhadap teman-teman Muslim. Karena mereka bisa melalui Ramadan dengan berpuasa selama 30 hari penuh setiap tahunnya," puji Kristian.

"Saya hanya berpuasa selama tiga hari, tapi saya bisa bilang bahwa itu bukan lah hal yang mudah. Hari pertama jujur sangat berat, tapi hari kedua saya sudah mulai terbiasa. Saya merasakan energi tubuh saya kembali. Saya bisa merasakan manfaat dari berpuasa," lanjut Kristian.

Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget!Coba Puasa Untuk Pertama Kali di Jakarta, Bule Ini Sebut Berat Banget! Foto: YouTube Kristian Hansen

Bagi Kristian, berpuasa bukan hanya mengajarkan orang-orang untuk mengontrol diri mereka sendiri. Tapi juga mengajarkan tentang cara menghargai diri, refleksi diri dan pengembangan diri untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Banyak netizen yang memuji aksi Kristian.

"Terimakasih sudah cinta toleransi. Indonesia cinta damai, salam sehat buat sekeluarga Anda," komen salah satu netizen.

"Sebagai orang Indonesia saya sangat hormat kepada Anda. Semoga Anda selalu sehat," doa netizen lain

Sampai sekarang video puasa milik Kristian sudah ditonton sebanyak 52,716 kali. Mendapatkan lebih dari 1,256 komentar.

Baca Juga: 5 Momen Seru Bule Barcelona Pertama Kali Cicip Makanan Indonesia



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com