5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 18:30 WIB
5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama! Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Frango Piri Piri

5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama! Foto: Getty Images/iStockphoto

Berasal dari Portugal, tepatnya di kota Algarve. Frango piri piri merupakan hidangan ayam panggang, yang disebut juga sebagai Frango Assado.

Mirip seperti ayam panggang pada umumnya, Frango menggunakan ayam utuh yang sudah dimarinasi. Kunci kelezatannya terletak pada kombinasi minyaik zaitun, lada, dan tumbukkan cabe piri-piri yang terkenal pedas.

Setelah matang, ayam panggang ini disantap engan sambal piri-piri yang sedikit berminyak. Rasanya mirip seperti ayam peri-peri dari Afrika, tapi lebih gurih.
Ditambah dengan pilihan kentang goreng, nasi atau salad tomat sebagai pelengkapnya.

4. Pollo a la brassa

5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama! Foto: Getty Images/iStockphoto

Amerika Selatan memiliki aneka kuliner yang lebih luas dan beragam. Seperti di Peru, yang punya sajian Pollo a la brassa. Menu ayam panggang arang, dengan tekstur garing di luar dan juicy di dalam.

Hidangan ini pertama kali diciptakan di kota Lima pada tahun 1950-an. Daging ayam hanya dibumbui dengan garam saja. Tapi di era modern, ayam Pollo dimarinasi dengan bumbu racikan dari cuka, garam, lada, rosemary, cabe dan bir.

Karena rasanya yang enak, kini Pollo menjadi hidangan yang paling sering disantap oleh orang-orang di Peru setiap harinya. Mereka menyantapnya dengan kentang goreng dan salad, mirip seperti steak ayam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Ayam Bakar Viral Ala Serial Upin Ipin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com