Wanita Korea Utara Ini Coba Puasa untuk Pertama Kali Sehari Penuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 16:30 WIB
Wanita Korea Utara Coba Puasa Pertama Kali Foto: YouTube Sunny and Chris
Jakarta -

Walaupun bukan seorang muslim, namun wanita asal Korea Utara ini ikut menjalani puasa di bulan Ramadan untuk pertama kalinya. Seperti apa pengalamannya?

Ibadah puasa di bulan Ramadan wajib dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Selama seharian penuh, mereka yang menjalani puasa tidak boleh makan dan minum.

Ternyata kewajiban berpuasa ini juga menarik perhatian para umat nonmuslim. Tahun kemarin, YouTuber asal Korea, Jepang, hingga Amerika banyak yang mencoba puasa untuk pertama kalinya.

Tahun ini, ada seorang wanita pembelot Korea Utara yang hidup di Korea Selatan mencoba untuk berpuasa pertama kalinya. Lewat video yang dibagikan oleh YouTuber Sunny and Chris, pengalaman itu dibagikan.

Nara adalah pembelot Korea Utara yang mencoba puasa untuk pertama kalinya. Ia mencobanya karena tiga orang teman dekat asal Korea Selatan juga ikut berpuasa.

Wanita Korea Utara Coba Puasa Pertama KaliWanita Korea Utara Coba Puasa Pertama Kali Foto: YouTube Sunny and Chris

Baca Juga: Youtuber Jepang Ini Coba Puasa Pertama Kali Hingga Beratnya Turun 4 Kg

Nara merasa kalau dirinya akan kuat menjalani puasa selama sekitar 15 jam. Karena, ia memiliki pengalaman 8 jam tidak makan dan minum saat melarikan diri dari Korea Utara.

"Aku dulu pas lari dari Korut aku pernah naik gunung selama 8 jam dan sama sekali ngga ada air kak. Iya, aku ngga minum. Aku inget tenggorokanku serasa kebakar, setengah mati rasanya," cerita Nara.

Wanita Korea Utara Coba Puasa Pertama KaliWanita Korea Utara Coba Puasa Pertama Kali Foto: YouTube Sunny and Chris

Nara bersama Sunny, Jinni, dan Chris memulainya dengan sahur. Ketiganya menyantap menu sahur yang sehat.

Untuk Nara, ia menikmati seporsi menu diet yang terdiri dari brown rice, dada ayam panggang, dan sayuran. Jus apel kemasan dan jujube atau kurma Korea juga dinikmati olehnya saat sahur.

Walaupun berpuasa, Nara dan 3 teman lainnya tetap menjalani aktivitas. Mereka pergi ke tempat wisata dan mall. Mereka sangat tergoda saat mengunjungi mall, karena di sana banyak yang menjual makanan lezat.

Wanita Korea Utara Coba Puasa Pertama KaliWanita Korea Utara Coba Puasa Pertama Kali Foto: YouTube Sunny and Chris

Namun, keempatnya tetap menjalani puasa selama 15 jam. Di tengah-tengah puasa, Nara mulai merasakan lelah dan lapar.

"Aku lapar, aku tidak baik-baik saja," ujar Nara.

Pada akhirnya Nara bisa menjalani puasa selama sehari penuh. Saat waktunya berbuka, ia sudah tak sabar menyantap makanan yang ada di hadapannya.

Di akhir video, Nara menceritakan pengalamannya ini. "Aku belajar mencoba sesuatu yang belum pernah kucoba sebelumnya. Selama sehari puasa dan nggak makan, aku benar-benar introspeksi diri dan mulai memikirkan kesalahan yang pernah ku perbuat," jelasnya.

Wanita Korea Utara Coba Puasa Pertama KaliWanita Korea Utara Coba Puasa Pertama Kali Foto: YouTube Sunny and Chris

"Dan ketika kita semua berbuka bersama, aku ngerasa wah hari ini aku melakukan sesuatu yang bermaksa. Dan seneng banget padahal hal yang sangat simpel," sambung Nara lagi.

Saat berbuka puasa, Nara menikmati nasi dengan lauk ayam geprek yang dibelinya dari restoran Indonesia yang ada di Korea Selatan. Ia juga menikmati segelas besar air putih.

Baca Juga: Begini Pengalaman Orang Korea dan Amerika yang Coba Puasa Seharian



Simak Video "Panduan Ibadah Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com