Youtuber Jepang Ini Coba Puasa Pertama Kali Hingga Beratnya Turun 4 Kg

Riska Fitria - detikFood Kamis, 14 Mei 2020 17:30 WIB
youtuber puasa Foto: youtube Miyoshi Makoto ID X JP
Jakarta -

Turut meramaikan bulan Ramadhan, youtuber Jepang ini mencoba berpuasa selama hampir satu minggu hingga berat badannya turun 4 kilogam. Bagaimana pengalamannya?

Bulan suci Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Saat tiba, umat Muslim akan menjalankan kewajiban ibadah berpuasa selama satu bulan penuh.

Menahan lapar dan haus selama berpuasa ternyata membuat orang-orang yang non Muslim menjadi penasaran. Karenanya banyak dari mereka yang ikut mencoba berpuasa. Seperti yang dilakukan oleh youtuber Jepang bernama Miyoshi Makoto ini.

youtuber puasayoutuber puasa Foto: youtube Miyoshi Makoto ID X JP


Melalui video yang diunggah di channel youtubenya, ia membagikan momen saat menjalankan ibadah puasa selama satu minggu. Ia juga ikut melakukan sahur di waktu dini hari, dan buka puasa di saat matahari terbenam.

"Kali ini aku juga bakal mencoba melakukan puasa Ramadhan. Kalau kalian semua puasa selama satu bulan, kalau aku gak bakal puasa selama sebulan tapi mau coba puasa selama Satu minggu," ujar Miyoshi Makoto.

Baca Juga : Cerita WNI Puasa di Korea Hingga Pengalaman Berpuasa 22 Jam di Finlandia

youtuber puasayoutuber puasa Foto: youtube Miyoshi Makoto ID X JP


Lebih lanjut, ia juga mengikuti tradisi umat Muslim yang mana makan sahur dan puasa dengan kurma. Namun, ia menantang dirinya untuk hanya makan kurma, susu dan air putih saja.

Pertama kali mencicipi kurma, ia mengatakan bahwa rasanya mirip seperti gula merah. Meskipun Miyoshi tak terbiasa makan kurma, tetapi ia mengaku rasanya cocok di lidahnya.

Hari demi hari pun dilewati dengan berpuasa. Namun, ia sering mengeluh kelaparan. Bahkan Miyoshi sempat merasakan gak enak badan saat melakukan aktivitas.

youtuber puasayoutuber puasa Foto: youtube Miyoshi Makoto ID X JP


Hingga akhirnya di hari-6, Miyoshi menyerah dan merasa tubuhnya tak bertenaga sama sekali. Miyoshi mengatakan bahwa berpuasa merupakan hal yang berat, apalagi dilakukan sembari beraktivitas normal.

Karenanya ia salut dengan umat Muslim yang mampu melewati ibadah ini. Kemudian, Miyoshi pun langsung membatalkan puasanya di hari ke-6 dengan rice bowl seafood yang ia buat sendiri.

Selama menjalani puasa selama 5 hari itu, ternyata berat badannya juga menyusut sebanyak 4 kilogam. Dari yang semula sebesar 41 kilogram, menjadi 37,2 kilogram.

Baca Juga : Penuh Tantangan, Begini Pengalaman Puasa Astronot di Luar Angkasa



Simak Video "Resep Berbuka Puasa: Tumis Cumi Petai "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)