5 Alasan Pentingnya Sahur dalam Islam, Tak Sekadar Mengisi Perut!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 03:00 WIB
5 Alasan Pentingnya Sahur dalam Islam, Tak Sekadar Mengisi Perut! Foto: Getty Images/iStockphoto/mustafagull

3. Sahur bisa dibuat simpel dan mudah

5 Alasan Pentingnya Sahur dalam Islam, Tak Sekadar Mengisi Perut!5 Alasan Pentingnya Sahur dalam Islam, Tak Sekadar Mengisi Perut! Foto: Getty Images/iStockphoto/mustafagull

Aktivitas makan sahur sebenarnya bisa dibuat simpel dan mudah. Pasalnya Nabi Muhammad SAW menyarankan makanan sahur terbaik adalah kurma.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah kurma." (HR. Abu Daud). Lalu baginda Rasulullah juga mengatakan, "Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya minum seteguk air, karena Allah dan para malaikat bershalawat atas orang-orang yang bersahur." (HR. Ahmad).

Meski begitu, Muslim juga dianjurkan mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya saat sahur. Hal ini agar tubuh mendapat nutrisi dan hidrasi yang cukup saat tidak mengasup makanan dari subuh hingga magrib.

4. Sahur membuat Muslim kuat jalani puasa

Asupan makanan dan minuman bergizi saat sahur menjadi bekal untuk Muslim kuat menjalani puasa seharian penuh.

Nabi Muhammad SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan dinyatakan otentik oleh Sahl ibn Sa'd As-Saa'idi mengatakan, "Manusia selamanya dalam kebaikan, selama ia menyegerakan berbuka puasa dan melambatkan sahur."

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com