30 Resep Takjil Buka Puasa

Tips Memilih Kurma yang Segar dan Kualitas Bagus dari Penjual Kurma

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 15:00 WIB
Kurma di Pasar Tanah Abang Foto: detikfood
Jakarta -

Tips memilih kurma ini bisa kamu praktikkan saat hendak belanja kurma. Penting untuk memperhatikan tampilan kurma secara kasat mata.

Kurma selalu jadi pilihan utama untuk menu buka puasa. Manisnya kurma bisa bantu mengembalikan energi tubuh yang sempat turun karena seharian berpuasa.

Kurma mudah ditemui dimana-mana, termasuk di pasar tradisional hingga supermarket premium. Jenis yang ditawarkan juga beragam, dari kurma medjool, sukkari, Mesir, hingga kurma ajwa yang terkenal premium.

Beragam jenis kurma ini dijajakan di kawasan Blok C, Pasar Tanah Abang. detikfood (12/4) memantau langsung suasana pasar kurma di sana, berikut harga-harga yang diberikan penjual.

Baca Juga: Segini Harga Kurma Ajwa Madinah dan Medjool di Pasar Tanah Abang

Harga kurma ajwa turun Rp 100 ribu

Kurma di Pasar Tanah AbangKurma di Pasar Tanah Abang Foto: detikfood

Ryan, penjual kurma dari Toko Al-Fazza menuturkan harga jual kurma tahun ini turun drastis. "Kalau kurma biasa turun harganya nggak terlalu banyak, tapi kalau ajwa lumayan drastis," bebernya.

Harga kurma ajwa tahun lalu bisa mencapai Rp 275 ribu per kilo gram, namun tahun ini Rp 175 ribu. Selain kurma ajwa, Ryan mengatakan perubahan harga juga terlihat pada kurma sukkari.

"Ini kurma sukkari, dari per kilo gram Rp 120 ribu jadi Rp 70 ribu. Tapi sekarang mulai naik lagi, cuma nggak bisa langsung banyak," jelasnya. Menurut Ryan, pembeli sudah terbiasa dengan harga kurma yang murah sehingga akan mencari kurma dengan kisaran harga yang turun.

"Importir juga naikin (harganya) sedikit-sedikit. Dua hari sekali bisa dinaikin," tuturnya. Ryan sendiri mengaku bersyukur karena tahun ini pembeli kurma sudah mulai ramai. "Jauh lebih manding sekarang. Tahun kemarin ini tutup semua toko-toko kurma (karena pandemi Covid-19)," sambungnya.

Tips memilih kurma

Kurma di Pasar Tanah AbangKurma di Pasar Tanah Abang Foto: detikfood

Ryan juga membagikan tips memilih kurma khususnya ajwa yang jadi favorit. Ia menjual kurma ajwa dengan kisaran harga mulai dari Rp 135 ribu, Rp 150 ribu, dan Rp 175 ribu per kilo gram. Untuk kemasan kaleng yang lebih premium, harganya bisa di atas Rp 300 ribu.

"Kurma ajwa yang bagus yang dagingnya tebal. Kalau yang biasanya terlalu kering permukaannya, dagingnya tipis. Harus dicoba sebenarnya supaya tahu," katanya. Ciri khas kurma ajwa sendiri harus memiliki serat-serat layaknya benang emas di permukaannya.

Lalu untuk kurma medjool, Ryan menyarankan untuk pilih kurma medjool California walau harganya sedikit lebih mahal. Perbedaan harganya sekitar Rp 30 ribu per kilo gram.

"Yang paling manis medjool ada yang California dan Palestina. Cuma yang Palestina lebih keras, yang California lebih empuk," katanya. Mengenai harga, kurma medjool Palestina dibanderol Rp 170 ribu per kilo gram, sedangkan medjool California Rp 200 ribu.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com