Lauk Sahur Lezat

Segini Harga Kurma Ajwa Madinah dan Medjool di Pasar Tanah Abang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 13 Apr 2021 15:30 WIB
Kurma di Pasar Tanah Abang Foto: detikfood
Jakarta -

Tiap ramadan, kurma selalu jadi komoditas di pasar Tanah abang. Seperti ini ragam jenis kurma dan harga kurma ajwa madinah, medjool dan kurma lain di sana.

Banyak orang mengincar kurma saat ramadan untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Sebab selain rasanya yang enak, kurma juga menyimpan banyak manfaat sehat bagi tubuh.

Manis alaminya kurma disebut bisa memulihkan energi tubuh dengan cepat setelah seharian berpuasa. Kurma juga tinggi kandungan serat, beragam vitamin, dan mineral.

Jelang ramadan dan selama bulan suci ini, kurma banyak dijual di pasar tradisional hingga supermarket. Salah satu sentra kurma yang terkenal ada di pasar Tanah Abang.

detikfood (12/4) memantau langsung stok kurma dan harga yang ditawarkan di sana. Penjual kurma banyak ditemui di Blok C. Ada yang menempati ruko pinggir jalan dan di bagian dalam.

Jenis kurma yang dijual

Kurma di Pasar Tanah AbangKurma di Pasar Tanah Abang Foto: detikfood

Beragam jenis kurma dipajang di bagian depan toko. Jenisnya antara lain ajwa, medjool, Mesir, Madinah, Tunisia, sukkari, dan kurma madu Iran.

Salah satunya dijajakan Toko Al-Fazza. Kurma-kurma di sini bisa dibeli curah per gram/kilo gram atau per boks. Untuk kemasan boks tersedia dalam ragam merek yang semuanya diimpor dari Timur Tengah.

Ryan, pegawai Toko Al-Fazza menuturkan jenis kurma yang laris dibeli. Kurma tersebut antara lain Mesir, Tunisia, dan ajwa atau kurma nabi.

Baca Juga: 9 Khasiat Sehat Kurma yang Menakjubkan

Sukkari jadi primadona

Kurma di Pasar Tanah AbangKurma di Pasar Tanah Abang Foto: detikfood

Namun Ryan mengaku, sukkari-lah yang jadi primadona. "Paling cepat laku. Rasanya enak soalnya dan harganya terjangkau," kata Ryan.

Per kilo gram kurma sukkari dijual Rp 70 ribu. Untuk 1 boks seberat 3,5 kg, harganya Rp 165 ribu.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com