Waduh! Di China Ada Tren Baru Mukbang Minum Miras yang Berbahaya

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 09 Apr 2021 18:30 WIB
Waduh! Di China Ada Tren Baru Mukbang Minum Miras yang Berbahaya Foto: Global Times/Ilustrasi Istock
Jakarta -

Mukbang makanan diawasi ketat oleh pemerintah China. Kini muncul tren terbaru yaitu mukbang minum minuman keras (miras) yang tak kalah berbahaya.

Sejak pemerintah China berusaha mengurangi limbah makanan, banyak video mukbang makanan yang diawasi. Menurut pemerintah video mukbang atau video makan dalam porsi besar ini, bisa mendorong orang-orang membuang-buang makanan.

Baca Juga: China Tutup 13,600 Akun Mukbang yang Buang-buang Makanan

Tapi seperti tak kehabisan ide baru. Kini banyak artis mukbang atau live streamers di China yang berbondong-bondong membuat video mukbang dengan konsep baru. Kali ini mereka tidak menyantap makanan dalam porsi besar, melainkan meminum miras atau minuman beralkohol dalam jumlah yang banyak.

Waduh! Di China Ada Tren Baru Mukbang Minum Miras yang BerbahayaWaduh! Di China Ada Tren Baru Mukbang Minum Miras yang Berbahaya Foto: Global Times/Ilustrasi Istock

Dilansir dari Global Times (09/04), video mukbang miras ini mulai bertebaran di berbagai media platofrm di China. Mulai dari situs video Bilibili hingga Douyin (TikTok China).

Video mukbang ini dilengkapi dengan label 'drinking challenge' atau tantangan minum. Di mana para live-streamers menantang diri mereka sendiri, untuk menghabiskan 500 ml miras jenis Baiju.

Baiju sendiri merupakan minuman alkohol khas China yang cukup keras dan bisa menyebabkan mabuk. Apalagi jika diminum dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

Bahkan satu live-streamers wanita pernah mengunggah video dirinya menghabiskan satu botol bir (600 ml) dalam satu kali tegukan.

Ada juga yang menambahkan label 'Acara Makan' untuk mengundang banyak penonton. Padahal isinya hanya mukbang miras. Karena semakin banyak video mereka ditonton, maka semakin banyak juga uang yang mereka dapatkan.

Waduh! Di China Ada Tren Baru Mukbang Minum Miras yang BerbahayaWaduh! Di China Ada Tren Baru Mukbang Minum Miras yang Berbahaya Foto: Global Times/Ilustrasi Istock

Meski banyak netizen yang terhibur dengan video mukbang miras ini. Tapi banyak juga yang meminta agar video mukbang miras ini diblokir. Karena takut ditiru oleh anak-anak di bawah umur.

Vdeo mukbang ini seakan mempromosikan konsumsi miras sebanyak-banyak dalam waktu singkat. Tentunya hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi untuk orang-orang yang memiliki masalah kesehatan.

"Saya tentu akan sedih jika anak-anak saya membuat uang tambahan dengan cara seperti ini. Saya lebih baik memberikan apa yang mereka pinta," ungkap salah satu orangtua ke Global Times.

"Saya kurang yakin para live-streamers ini benar-benar mukbang miras sebanyak itu. Mungkin triknya sama dengan orang-orang yang suka mukbang, mereka menggunakan teknik editing agar terlihat menghabiskan minuman tersebut," jelas salah satu penonton.

Ada banyak efek buruk dari kebiasaan meminum miras dalam jumlah banyak, atau disebut juga 'binge drinking'. Jika terus dilakukan bisa berdampak pada peradangan hati, hepatitis alkoholik yang berkaitan dengan kegagalan hati hingga kematian.

Baca Juga: Tren Video Mukbang Hewan di China Dikritik Keras



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Mie Pedas Korea Bareng Marsha Aruan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com