Miris! Kelaparan, Bocah Ini Jilati Piring Kotor dari Tempat Sampah

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 09 Apr 2021 10:30 WIB
Miris! Kelaparan, Bocah Ini Jilati Piring Kotor dari Tempat Sampah Foto: Odisha TV
Jakarta -

Kekurangan gizi dan kelaparan yang amat parah. Membuat bocah ini terpaksa menjilat piring kotor dari tempat sampah, untuk mendapatkan sisa-sisa makanan.

Wabah kelaparan tak hanya terjadi Afrika, tapi juga melanda sebagian wilayah di India. Salah satunya Odisha, yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang kaya.

Baca Juga: Lemas hingga Tewas, Begini 5 Kisah Kelaparan di Tengah COVID-19

Dilansir dari Odisha TV (09/04), masih banyak anak yang tinggal di sana mengalami kekurangan gizi. Bahkan mengalami kelaparan yang sangat parah.

Lewat video yang baru-baru ini viral, tampak seorang bocah kecil dengan pakaian seadanya tengah mengais sampah. Video itu diambil di daerah Sundergarh, distrik yang terkenal dengan kekayaan mineralnya.

Miris! Kelaparan, Bocah Ini Jilati Piring Kotor dari Tempat SampahMiris! Kelaparan, Bocah Ini Jilati Piring Kotor dari Tempat Sampah Foto: Odisha TV


Ketika menemukan piring kotor dengan sisa-sisa makanan yang ada di sana. Bocah malang itu langsung memakannya, bahkan menjilati piring kotor tersebut karena terlalu lapar.

Setelah ditelusuri lebih lanjut bocah malang ini ternyata bernama Manoranjan. Ia merupakan putra dari penduduk bernama Rabana Munda. Manoranjan tinggal bersama kedua kakaknya, Rajan dan Malati yang semuanya masih kecil.

Sang ibu sudah meninggal dunia. Sementara Rabana harus mencari nafkah dan terpaksa meninggalkan ketiga anaknya sendirian di rumah.

Karena tidak ada yang mengurus anak-anak tersebut, akhirnya mereka bertiga mengalami kekurangan gizi. Mereka seringkali tidak makan, sampai harus mencari sisa-sisa makanan dari tempat sampah.

"Sebenarnya saya sudah memasak makanan untuk mereka sebelum pergi kerja. Tapi karena saya bekerja di luar terlalu lama, hal ini akhirnya terjadi. Saat itu ada pesta di sekitar rumah, banyak piring kotor yang dibuang di sana," jelas Rabana.

Miris! Kelaparan, Bocah Ini Jilati Piring Kotor dari Tempat SampahMiris! Kelaparan, Bocah Ini Jilati Piring Kotor dari Tempat Sampah Foto: Odisha TV

Viralnya video ini membuat banyak netizen sedih sekaligus miris. Untungnya pemerintah setempat dengan sigap langsung memberikan bantuan untuk Rabana dan anak-anaknya.

Mereka juga memastikan bahwa Manorajan dan kedua kakaknya akan diurus oleh perlindungan anak. Sehingga pendidikan mereka terjamin, dan mereka bisa tumbuh di dalam lingkungan yang aman.

Selain di Odisha, kasus serupa juga terjadi di Kelantan, Malaysia. Saat itu foto-foto seorang ibu tengah mengais sampah untuk mencari sisa-sisa makanan viral di Twitter.

Baca Juga: Ibu Mengais Sisa Makanan di Tong Sampah agar Anaknya Tak Kelaparan



Simak Video "Liga Satu Siap Digelar, Erick Thohir: Jangan Sampai Lupakan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com