ADVERTISEMENT

Lauk Sahur Lezat

7 Buah Kaya Air yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur Agar Tubuh Terhidrasi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 08 Apr 2021 16:01 WIB
tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.
Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya air putih yang bisa menghidrasi tubuh selama puasa, tetapi juga buah yang kaya air. Ada buah semangka hingga jeruk yang bisa dikonsumsi saat sahur.

Selama puasa ramadan asupan air ke dalam tubuh tentu akan berkurang. Agar tubuh tetap terhidrasi, bukan hanya air putih saja, asupan air bisa diperoleh melalui buah-buahan segar.

Agar puasa berjalan lancar ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Seperti menyetok beberapa jenis buah yang mengandung banyak air untuk dikonsumsi saat sahur maupun buka puasa.

Selain air putih, buah juga penting dikonsumsi karena dapat menghidrasi tubuh. Dilansir dari My Food Data (9/12), ada beberapa buah dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka, stroberi, hingga jeruk.

Asupan air yang harus dikonsumsi oleh tubuh manusia minimal 2 liter setiap harinya. U.S Reference Dietary Intake (RDI) merekomendasikan pria untuk mengonsumsi 3,7 liter air per hari, sedangkan 2,7 liter air untuk wanita.

Berikut 7 buah yang mengandung banyak air yang baik dikonsumsi saat sahur.

1. Semangka

Banyak Semangka Suntik, Kenali Ciri Semangka Masak dan Manissemangka Foto: Getty Images/iStockphoto/cihatatceken

Banyak yang telah mengetahui kalau semangka mengandung air yang tinggi. Setiap gigitannya pasti mengeluarkan air dengan rasa buah yang manis menyegarkan. Buah ini juga sangat enak disantap saat cuaca panas.

Hampir 91 persen bagian buah semangka terdiri dari air. Kandungan airnya setara 140,8 mililiter per cangkir atau 91,5 mililiter air per 100 gram.

2. Stroberi

Stroberi juga buah yang kandungan airnya sangat tinggi. Buah stroberi di Indonesia memiliki rasa yang asam manis. Stroberi enak disantap begitu saja atau dijadikan smoothies yang menyegarkan.

Sama seperti semangka, setiap gigitan stroberi pasti sangat juicy. Ini karena 91 persen dari bagian buah stroberi mengandung air. Kandungannya setara dengan 151 mililiter air per cangkir atau 91 mililiter air per 100 gram.

Baca Juga: Selain Air Putih, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Hidrasi Tubuh

3. Melon

Saat bulan puasa, melon sangat mudah ditemui. Buah berbentuk bulat dengan warna daging buah kuning pucat ini memiliki rasa manis dan beraroma harum.

Karena kandungan airnya yang banyak, melon juga sangat menyegarkan dahaga kalau dikonsumsi saat puasa. Mengandung 90 persen air atau setara dengan 159,6 mililiter air per cangkir dan 90,2 mililiter air per 100 gram.

4. Pepaya

Waduh! Sambal Cireng dan Pepaya Dinyatakan Positif COVID-19pepaya Foto: iStock

Pepaya sangat mudah ditemui di Indonesia. Buah berwarna oranye ini harganya juga terjangkau, sehingga bisa dijadikan stok di rumah saat puasa.

Kandungan airnya sebanyak 88 persen atau 88,1 mililiter per 100 gram, sehingga cukup baik dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh. Jangan lupa mengonsumsinya setelah makan sahur ya!

5. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang kandungan vitamin C nya tinggi. Selain itu, ternyata jeruk juga kaya air. Jeruk enak dikonsumsi begitu saja ataupun diperas.

Kandungan airnya mencapai 87 persen. Setara dengan 156,2 mililiter per cangkir atau 86,8 mililiter air per 100 gram.

6. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.apel Foto: iStock

Walaupun terlihat padat, namun ternyata apel masuk ke dalam salah satu daftar buah kaya air. Kalau bosan disantap begitu saja, apel juga bisa dikonsumsi dengan dijadikan jus atau salad buah.

Kandungan air pada buah apel sebanyak 86 persen. Jumlahnya setara dengan 107 mililiter air per cangkir atau 85,6 mililiter air per 100 gram.

7. Mangga

Ada beragam jenis mangga yang populer di Indonesia. Seperti mangga manalagi, arumanis, gedong gincu, Indramayu, hingga mangga golek. Biasanya buah ini dijadikan jus untuk dikonsumsi.

Walaupun buah ini juga tampak padat, tetapi kandungan airnnya cukup banyak yaitu 83 persen. Kandungan ini setara dengan 137,7 mililiter air per cangkir dan 83,5 mililiter air per 100 gram.

Baca Juga: 7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tak Hanya Soal Cukup Minum Air



Simak Video "Lewat Hisab, Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa pada 13 April 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT