Mitos Nasi Kangkang, Nasi Putih Campur Darah Haid untuk Pelet Pria

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 06 Apr 2021 19:30 WIB
Hanya Boleh Makan Nasi dan Air Putih, Pengantin Pingsan dan Kelaparan Karena Puasa Mutih Foto: Getty Images/iStockphoto/vm2002
Jakarta -

Jadi mitos hingga cerita masyarakat Melayu. Nasi kangkang merupakan salah satu makanan khusus yang dibuat dari nasi putih, lengkap dengan campuran darah untuk memikat pria.

Berawal dari celebrity chef kenamaan asal Malaysia, Chef Wan. Hidangan nasi kangkang menarik perhatian banyak orang. Banyak yang menyangka bahwa nasi kangkang merupakan hidangan nasi khas Malaysia. Seperti nasi lemak atau nasi kerabu.

Lewat video terbaru yang diunggah oleh YouTuber 'Uncle Roger' (06/04). Pria bernama Nigel ini mampir ke salah satu restoran milik Chef Wan. Restoran ini menyajikan berbagai hidangan khas Malaysia dan sajian Melayu lainnya.

Ketika Nigel bertanya mengapa restoran Chef Wan tidak memiliki menu nasi goreng. Menurut celebrity chef ini, ia tidak mau memasukan menu nasi goreng ke restorannya. Karena orang Malaysia hampir setiap hari makan nasi goreng.

Justru dia malah menawarkan Nigel untuk mencoba nasi kangkang. Sebenarnya apa sih nasi kangkang itu?

Baca Juga: Pesan Makanan Sampai Rp 1 Juta, Malah Dikirim Air Kencing


1. Nasi Putih yang Mistis

'Hawker Culture' Dinominasikan Singapura ke UNESCO, Malaysia Protes KerasChef Wan Foto: MalayMail

"Ada satu nasi yang perlu kamu coba. Namanya nasi kangkang. Nasi kangkang pada jaman dulu itu dibuat oleh istri ke suaminya. Tujuannya agar sang suami tidak macam-macam atau selingkuh dengan wanita lain," jelas Chef Wan yang sudah membintangi berbagai macam acara memasak.

"Para istri ini akan memasak nasi putih. Saat nasinya masih panas, mereka akan membuka kaki dan jongkok. Tujuannya agar cairan yang berada dari vagina mereka menetes ke atas nasi putih tersebut," lanjut chef berusia 63 tahun tersebut.

"Setelah semua cairan yang ada di vaginanya tercampur ke dalam nasi putih yang baru matang. Nasi ini kemudian diberikan ke suami mereka untuk dimakan," tutup Chef Wan sambil tertawa.


2. Disebut Sebagai Nasi Pelet

cooked ricecooked rice Foto: Istock

Pelet merupakan jenis ilmu atau ajian yang dipercaya dapat membuat seseorang jatuh cinta, kepada orang yang mengirim pelet tersebut. Kepercayaan akan pelet ini masih kental dalam budaya Melayu.

Begitu juga dengan keberadaan nasi kangkang. Jika Chef Wan menjelaskan bahwa nasi kangkang itu digunakan para istri untuk membuat suami mereka tunduk. Tapi versi lain menyebutkan bahwa nasi kangkang ini digunakan sebagai alat pelet.

Dalam legenda bomoh, nasi kangkang dipercaya dapat membuat lelaki atau suami menjadi bertekuk lutut. Membuat pria yang tadinya tidak suka dengan wanita tersebut, langsung jatuh cinta.

Bomoh sendiri merupakan istilah dukun dalam bahasa Melayu kuno. Tapi kini istilah bomoh lebih terkenal di Malaysia, meski kata 'bomoh' telah muncul dalam Hikayat Aceh pada tahun 1600an.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ternyata Begini Cara Masak Nasi yang Benar"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com