Ini Alasan Buah Berair Tidak Boleh Dibekukan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 06 Apr 2021 17:30 WIB
Ini Alasan Buah Berair Tidak Boleh Dibekukan Foto: iStock
Jakarta -

Buah kaya akan kandungan air enak dimakan dingin. Tetapi buah berair ini tidak boleh dibekukan. Begini alasan dan penjelasannya.

Buah dingin memang akan lebih segar ketika dimakan. Pada siang hari yang sangat panas, buah yang baru keluar dari kulkas akan menjadi jawaban untuk mengurangi sedikit panas di dalam tubuh.

Buah yang dingin atau buah yang dijadikan es juga efektif untuk membantu anak-anak makan buah dengan menyenangkan. Buah yang dijadikan es juga bisa menjadi pilihan camilan yang lebih sehat dibandingkan makanan ringan atau es dengan tinggi gula.

Tetapi beberapa buah ternyata justru akan mengalami kerusakan jika dibekukan. Hal ini juga dibuktikan oleh University of Minnesota Extension yang membuktikan bahwa hanya beberapa jenis buah yang bisa dibekukan.

Baca Juga: 7 Buah yang Sebaiknya Tidak Dibekukan Agar Kualitasnya Terjaga

Mengutip dari Mashed (11/1), buah yang kaya akan kandungan air atau buah-buahan berair sebaiknya tidak disimpan dengan cara dibekukan. Berikut ini alasan yang dapat menjelaskannya.

Buah Akan Jadi Lembek Saat Mencair

biji melonFoto: iStock

University of Minnesota Extension menjelaskan tentang buah-buahan yang tinggi akan kandungan air. Pada buah yang kaya akan kandungan air, 90% kandungannya adalah air.

Ketika air membeku, volume air akan mengembang. Hal serupa terjadi dengan buah beku. Probabilitas ini paling menonjol dengan berbagai jenis melon dan tomat atau semuanya yang tinggi air.

Kandungan air yang membeku di dalam buah dapat menyebabkan buah menjadi rusak bahkan pecah. Ketika menjadi rusak atau pecah, cairan buah akan mengalir kemana-mana dan mengotori segala tempat.

Ini Alasan Buah Berair Tidak Boleh DibekukanIni Alasan Buah Berair Tidak Boleh Dibekukan Foto: iStock

Jika buah akan disajikan tanpa mempedulikan konsistensinya atau ingin diolah kembali, mungkin membekukan buah tidak jadi masalah. Bahkan jika membekukan buah-buahan seperti melon madu, cantaloupe atau semangka, buah-buahan tersebut hanya dapat digunakan dalam beberapa jenis minuman.

Tetapi jika ingin menyimpan tomat agar lebih lama ada cara lain yang bisa dilakukan. Yaitu dengan cara membuat tomat menjadi saus terlebih dahulu baru kemudian disimpan dalam kulkas.

Baca Juga: Gunakan Cara Mudah Ini untuk Melumerkan dan Membekukan Makanan! (1)



Simak Video "Masak Masak: Resep Dragon Fruit Bowl"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com