7 Buah yang Sebaiknya Tidak Dibekukan Agar Kualitasnya Terjaga

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 02 Jan 2021 08:00 WIB
Daftar Buah yang Tak Boleh Dibekukan Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa orang menyimpan buah di kulkas, bahkan membekukannya untuk dijadikan smoothie. Tapi faktanya 7 buah ini sebaiknya tidak dibekukan.

Mengonsumsi buah dalam keadaan dingin memang akan menambah kesegarannya. Sebelum diolah, bahkan beberapa buah akan dibekukan terlebih dahulu.

Bahkan untuk anak kecil, buah yang dibekukan menjadi keras seperti es akan lebih mudah disukai daripada dimakan langsung. Atau untuk menyiapkan smoothie yang lebih mudah di pagi hari, bisa dengan memakai buah yang sudah dibekukan sejak malam.

Buah dapat membeku karena ada kandungan air dan struktur alami di dalam buah. Faktanya, beberapa buah justru tidak boleh dibekukan.

Dilansir dari Mashed (29/12), berikut ini 7 buah yang sebaiknya tidak dibekukan:

1. Melon

Daftar Buah yang Tak Boleh DibekukanDaftar Buah yang Tak Boleh Dibekukan Foto: iStock

Melon mengandung air yang sangat tinggi. Baik melon hijau maupun melon yang berwarna oranye, jenis buah ini akan cenderung rusak bila dibekukan.

Melon yang telah dibekukan akan bertahan paling lama 10 menit untuk tetap dalam kualitas yang bagus. Melon yang telah dibekukan kemudian dibiarkan pada suhu ruang lebih dari 30 menit, akan menghasilkan melon yang sangat berair dan menghilangkan teksturnya.

2. Semangka

Daftar Buah yang Tak Boleh DibekukanDaftar Buah yang Tak Boleh Dibekukan Foto: iStock

Semangka menjadi buah lain yang tinggi kandungan air. Buah dengan kandungan air yang tinggi jika dibekukan akan menjadi lembek ketika didiamkan pada suhu ruang terlalu lama.

Sama halnya dengan melon, semangka yang telah dibekukan jika dicairkan kembali akan menghasilkan tekstur yang sangat lembek. Semangka beku lebih baik dikonsumsi sebagai smoothie, es atau sorbet.

Baca Juga: Agar Awet Segar Simpan Sayuran dan Buah dengan Cara Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com